Gampang dan Simpel Banget! Begini Cara untuk Mempercepat Koneksi Internet Anda
Photo by Ludovic Toinel on Unsplash

Gampang dan Simpel Banget! Begini Cara untuk Mempercepat Koneksi Internet Anda

Koneksi adalah salah satu hal terpenting yang diperlukan di jaman ini untuk mengakses berbagai informasi dan berkomunikasi.

Adanya covid saat ini membuat setiap orang lebih sering menggunakan koneksi internet yang berdampak pada lemotnya jaringan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Apakah kita harus menghentikan setiap orang atau menghilangkan ponselnya supaya mereka berhenti menggunakan internet? Tentu saja tidak. Itu hanya akan menambah daftar musuh dalam hidup kita.

Ada beberapa cara mempercepat koneksi internet yang lumayan ampuh dan gampang banget tanpa perlu instal aplikasi, tentu saja cara ini tidak akan berpengaruh untuk orang lain, jadi tidak akan merugikan mereka.

Beberapa cara ini dapat Anda coba dengan apapun provider yang Anda gunakan. Baik itu telkomsel, smartfren, tri, im3, xl, axis, ataupun pakai wifi indihome, semua sama saja. Mau menggunakan handphone ataupun PC, cara ini juga dapat dilakukan.

Jadi, apa sajakah cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet?

1. Hapus cache aplikasi

Cache memang mempermudah aplikasi untuk memproses data lebih cepat. Namun, cache yang menumpuk akan membuat HP Anda semakin berat karena memakan space di penyimpanan internal.

Untuk itu, cobalah menghapus semua cache pada aplikasi yang Anda gunakan. Caranya: Buka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > penyimpanan > hapus cache (mungkin akan berbeda pada tiap HP).

cara mempercepat koneksi internet dengan menghapus cache aplikasi pada handphone android iphone

Tenang saja, data Anda tidak akan hilang hanya dengan menghapus cache pada aplikasi.

2. Gunakan mode pesawat

Saat jaringan data seluler Anda tiba-tiba lemot, Anda dapat mengaktifkan mode pesawat sementara untuk mengulang koneksi internet ke jaringan operator.

Setelah beberapa saat, nonaktifkan kembali mode pesawat seperti semula.

Namun, jika Anda menggunakan wifi, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat dan wifi secara bersamaan. Cara ini sebenarnya adalah cara yang efektif untuk menghemat baterai smartphone Anda.

3. Cek pengaturan jaringan

Walaupun hampir tidak mungkin, tapi bisa saja Anda lalai soal ini. Jaringan tercepat yang bisa dipakai saat ini adalah 4G, bahkan beberapa HP sudah mendukung 5G.

Jadi, coba cek jaringan yang Anda gunakan. Jika Anda belum mengaturnya ke jaringan tercepat, cobalah untuk mengubahnya di setting jaringan.

4. Kurangi tab pada web browser

Jika Anda sedang menggunakan browser, jangan biasakan untuk menimbun tabs terlalu banyak, baik itu di handphone maupun laptop.

Tidak ingin menghapus suatu laman sering kali menjadi alasan membuka tab baru untuk mencari halaman atau situs lain.

Tab yang banyak akan memperlambat kinerja perangkat Anda. Kurangi tab yang tidak Anda butuhkan supaya loading browser Anda menjadi lebih cepat.

Jika Anda ingin menyimpan suatu situs, Anda dapat meng-copy link-nya ke note dan membukanya ketika diperlukan.

5. Bersihkan segala yang tersimpan pada browser

Masih seputar web browser. Secara default, aplikasi penjelajah web akan menyimpan segala aktifitas/data yang Anda lakukan selama menggunakannya (history, cache, cookies).

Untuk mempercepat koneksi ketika Anda menggunakannya, Anda bisa menghapus semuanya dari browser Anda. Namun, segala hal seperti password, history pencarian, dll yang tersimpan pada browser akan hilang.

6. Update antivirus

Jika Anda menggunakan laptop atau PC, pastikan Anda selalu meng-update antivirus yang Anda miliki. Instal antivirus jika Anda belum menggunakannya.

Salah satu faktor penyebab jaringan lemot adalah serangan virus yang ada pada perangkat Anda.

7. Perhatikan tempat menaruh router wifi

Tempat untuk menaruh router wifi ternyata juga berpengaruh lho terhadap koneksi. Menaruhnya di tempat yang ramai dengan barang akan membuat sinyalnya terhalang oleh benda-benda.

Karena itu, jika Anda menggunakan wifi untuk internet, taruhlah ia di tempat yang tinggi dan terbuka, jauh dari barang-barang yang mengganggu supaya sinyal bisa terhubung ke perangkat Anda dengan lancar.

8. Setel ulang router

Hal ini yang biasanya saya lakukan pada wifi saya yang bermasalah. Kalau koneksi wifi tiba-tiba lemot atau bahkan tidak bisa digunakan untuk internet, coba matikan wifi Anda. Ini berlaku jika Anda menggunakan wifi ya.

Setelah mematikannya beberapa saat, Anda dapat menyalakannya lagi dan menyambungkannya dengan perangkat yang Anda gunakan.

9. Cek kuota internet

Agak lucu memang kalau ternyata masalahnya ternyata karena Anda tidak memiliki paket data atau belum membayar bulanan wifi.

Namun ini merupakan hal penting untuk kelancaran koneksi internet Anda, jadi mungkin Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu.

10. Hentikan aktifitas aplikasi di latar belakang

Pada windows maupun android seringkali kita membuka aplikasi baru tanpa menutup aplikasi sebelumnya yang membuat aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Ternyata hal tersebut dapat menambah penggunaan RAM dan mengurangi kecepatan internet di perangkat Anda.

Untuk itu, coba tutup semua aplikasi yang terbuka di latar belakang dan refresh perangkat yang Anda gunakan. Atau Anda dapat me-restart perangkat supaya aktifitas yang sebelumnya Anda lakukan dapat bersih dengan sempurna.

Tapi jangan terlalu sering melakukan restart ya! Nanti perangkat Anda bisa cepat berkurang umurnya.

11. Coba melalui cmd (khusus laptop)

Jika Anda mengalami masalah koneksi khususnya pada laptop atau PC Anda, coba tambah kecepatan melalui pengaturan di cmd. Caranya simpel banget.

  • Pertama, buka command prompt sebagai administrator (search cmd > run as administrator). cara mempercepat koneksi internet menggunakan cmd, run as administrator
  • Kemudian ganti alamatnya ke drive C:/ dengan mengetikkan “cd c:\” lalu enter. cara mempercepat koneksi internet dengan menghapus cache aplikasi pada handphone android iphone
  • Ketiga, ketik perintah “netsh interface tcp set global autotuning=disabled” lalu enter. cara mempercepat koneksi internet menggunakan cmd dengan mengetik netsh interface tcp set global autotuning=disable lalu enter
  • Terakhir, ketik perintah “netsh interface tcp set heuristics disabled” dan enter. cara mempercepat koneksi internet menggunakan cmd dengan mengetik netsh interface tcp set heuristics disabled

Anda dapat membandingkan kecepatan sebelum dan sesudahnya di www.speedtest.net.

Oh iya, jika Anda ingin mengembalikan pengaturannya, Anda dapat mengetikkan perintah “netsh interface tcp set global autotuning=normal”, enter; dan “netsh interface tcp set heuristics normal” kemudian tekan enter.

12. Telepon layanan internet

Nah, jika cara-cara tadi sudah dilakukan dan koneksi internet Anda masih lelet, coba tanyakan ke orang lain yang menggunakan jaringan sama dengan Anda.

Jika milik mereka juga bermasalah, inilah saatnya Anda menelpon customer service dari provider/penyedia layanan interrnet yang Anda gunakan untuk menanyakannya atau komplain.

Karena bisa jadi masalah yang Anda alami adalah kesalahan dari pusat yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri.

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply