Mengetahui Cara Lengkap Menggunakan Instagram Versi Terbaru dengan Cepat Bagi Pemula
Photo by Thought Catalog on Unsplash

Mengetahui Cara Lengkap Menggunakan Instagram Versi Terbaru dengan Cepat Bagi Pemula

Instagram memang merupakan salah satu aplikasi yang populer sejak beberapa tahun lalu. Banyak orang yang tertarik untuk mencobanya karena cara menggunakan instagram yang bisa dibilang sangat mudah dan menyenangkan.

Aplikasi ini rilis pada tahun 2010 oleh Burn, Inc. yang kemudian diambil alih oleh facebook pada tahun 2012.

Namun tahukah Anda bahwa nama instagram juga memiliki arti loh. “Insta” diambil dari kata “instan” yang ditujukan untuk sebuah kamera polaroid yang biasa disebut “foto instan” atau “kamera instan”.

Kemudian “gram” adalah “telegram” yang fungsinya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Kebayang kan kenapa dua kata itu menjadi satu dalam nama instagram? Tentu saja karena fungsinya yang mirip seperti aplikasi instagram ini.

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan di instagram ini, seperti: berbagi momen dengan foto dan video, chit chat dengan kawan, video call bersama, membagikan cerita dan music di story, bahkan Anda juga bisa berjualan/bisnis di sana, seru banget kan?!

Oh iya selain bisa digunakan di handphone, instagram juga bisa dibuka di laptop lho!

Pokoknya nanti bakal kita bahas semua tutorial untuk menggunakan instagram bagi pemula sampai ke akarnya menggunakan versi terbaru instagram.

Ini bakal panjang banget, jadi Anda bisa langsung klik [show] di bawah ini dan pilih yang Anda butuhkan informasinya.

Daftar akun

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang fitur instagram ini, pastikan dulu bahwa Anda sudah memiliki akun instagram. Karena tanpa adanya akun, berjuta fitur di dalamnya tidak akan bisa Anda gunakan.

Begini langkah-langkah dalam pembuatan akun instagram:

    1. Instal aplikasi instagram yang ada di playstore (jika menggunakan android), atau bisa juga daftar melalui PC dengan membuka instagram.com. instal aplikasi instagram di playstore, cara menggunakan instagram versi baru bagi pemula
    2. Setelah itu klik ‘Buat akun baru’. tampilan awal instagram, cara menggunakan instagram terbaru untuk pemula, daftar atau login akun
    3. Masukkan email atau nomor hp Anda (pilih salah satu). daftar instagram dengan email, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
    4. Setelah itu masukkan kode yang dikirim ke email/no hp Anda. memasukkan kode verifikasi saat daftar akun instagram, cara menggunakan instagram versi baru bagi pemula
    5. Lalu klik next, setelah ini Anda bisa menguti petunjuk yang ada, kalau saya lebih suka saya skip semua karena bisa diatur nanti (seperti follow kontak dan menambah foto profil) kecuali username. Hingga muncul seperti ini: akun instagram baru, cara menggunakan akun instagram versi baru bagi pemula
    6. Selesai! Akun Anda sekarang sudah aktif, tinggal mengatur nama pengguna dan lainnya.

Lanjut kita atur profil yang nantinya akan dilihat oleh netizen.

Atur profil baru

Sebenarnya setelah itu Anda sudah bisa langsung post foto/video ke akun Anda. Tetapi mengatur profil ini juga diperlukan supaya orang lebih mengenal Anda. Cara mengaturnya klik edit profil pada akun. akun instagram baru, edit profil instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Inilah beberapa yang perlu Anda lengkapi:

mengedit profil instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

  1. Nama pengguna: Anda bisa memasukkan nama lengkap Anda atau keyword toko Anda jika akun ini digunakan untuk bisnis.
  2. Username: Jika Anda tidak puas dengan username yang Anda miliki saat ini, tenang, Anda bisa menggantinya di kolom ini kapan pun Anda inginkan.
  3. Bio: Tulis apapun tentang Anda atau informasi yang ingin Anda sampaikan.
  4. Tambahkan foto profil: Nah, di sini Anda dapat menambahkan foto profil apabila saat mendaftar tadi Anda belum menambahkannya.
  5. link: Ini opsional sih, Anda bisa taruh link apapun di sini, misal Anda punya channel youtube, blog, atau bisa juga link menuju whatsapp chat (biasanya ini digunakan oleh para olshop).

edit profil di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Jika sudah selesai mengaturnya, Anda dapat menekan icon centang yang ada di sebelah kanan atas untuk menyimpan. Dan taraaa, tampilan akun Anda sudah jauh lebih baik sekarang!

Tambah foto/video

Setelah akun Anda siap, sekarang waktunya untuk membagikan foto/video yang Anda punya. Ikuti cara berikut ini:

  1. Klik ikon + yang letaknya dibagian tengah bawah aplikasi. cara menambah foto atau video post instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  2. Pilih foto/video yang ingin Anda upload. Atau Anda juga bisa memotret dan merekam saat itu juga, tinggal digeser saja. Lalu klik “selanjutnya” pada bagian kanan atas. pilih file untuk menambah foto atau video post instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  3. Anda dapat mengedit foto Anda terlebih dulu di sini jika diperlukan. Jika sudah puas mengedit klik “selanjutnya” lagi. edit foto dan video pada instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  4. Nah, halaman setelahnya adalah halaman untuk memasukkan caption, tag, dan hashtag. Apa sih fungsinya?
    • Caption adalah judul/keterangan/teks singkat untuk menjelaskan foto/video tersebut. Anda dapat menuliskan apapun yang Anda mau di sini.
    • Tag/label adalah tanda, artinya Anda dapat menandai seseorang dengan menggunakan @ kemudian dilanjutkan dengan nama akun (misal: @mipan). Anda dapat memberi tag pada caption ataupun foto/video Anda.
    • Hashtag/tagar (tanda pagar) adalah simbol # yang berfungsi untuk mengelompokkan konten. Misal Anda upload foto makanan, Anda dapat mencantumkan hashtag yang berkaitan (seperti: #makanan #makananenak #makandiluar) pada caption atau komentar dalam postingan.
  5. Jika sudah, Anda bisa langsung klik bagikan yang ada di bagian kanan atas. menambahkan caption, tag, dan hashtag pada posting foto dan video instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  6. Selamat, Anda berhasil meng-upload satu foto/video! Oh iya jangan lupa pastikan data Anda aktif ya saat meng-upload-nya.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa lho memasukkan beberapa foto/video sekaligus dalam sekali posting. Caranya Anda tinggal klik icon seperti pada gambar ini:

fitur instagram untuk posting banyak foto dan video dalam sekali post (carousel), cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Lalu pilih foto mana saja yang ingin Anda upload secara berurutan (maks. 10 foto/video ya).

pilih foto untuk membuat carousel/gabungan beberapa foto dan video di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Follow akun lain

Selain mengunggah foto dan video, Anda juga dapat mengikuti beberapa akun lain diinstagram entah itu teman, keluarga, sahabat, musuh, artis, akun bisnis, dll.

Ikuti/follow siapa saja yang ingin Anda lihat update konten terbarunya.

Caranya mudah sekali, Anda tinggal menekan tombol search (gambar kaca pembesar) lalu cari nama akun yang ingin Anda follow. Atau klik foto/video yang ada di situ kemudian klik nama akunnya.

mencari akun untuk difollow di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula mencari akun lewat explore untuk difollow di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Atau bisa juga dengan mencari konten yang Anda sukai dengan hashtag atau lokasi, lalu klik nama akunnya dan ikuti.

mencari akun untuk difollow di instagram dengan hashtag, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Nah, jika sudah nanti penampakan beranda Anda akan berisi postingan dari akun yang Anda ikuti.

penampakan beranda instagram yang berisi postingan akun following, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Buat story

Story di instagram adalah istilah untuk menyebut cerita yang dibagikan dalam format layar penuh smartphone dan terletak di bagian atas beranda. Biasanya story ini dapat bertahan selama 24 jam jika tidak dihapus.

Cara membukanya cukup mudah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Lewat beranda

    buka fitur dan buat story lewat beranda (home) instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

    1. Buka home (ikon rumah).
    2. Klik foto profil Anda pada kiri atas halaman atau geser layar Anda ke kanan.
    3. Fitur kamera akan muncul.
  • Lewat profil

    buka fitur dan buat story dari profil instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

    1. Buka halaman profil Anda (icon orang).
    2. Klik foto profil Anda.
    3. Kamera akan muncul sama seperti cara sebelumnya.

Mengeklik foto profil di beranda maupun profile untuk menambahkan cerita hanya berlaku jika Anda belum membuat story ya. Jika sudah ada story sebelumnya, Anda dapat menambahkannya dengan menggeser layar ke kanan di tab home.

Setelah itu foto objek yang Anda inginkan atau tekan dan tahan untuk membuat video. Jika Anda ingin share foto/video yang sudah ada, Anda dapat menggeser layar ke arah atas dan pilih foto/video yang akan Anda upload.

Lalu ini adalah beberapa fitur yang dapat Anda gunakan di instagram story:

membuat story dengan fitur kamera instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula membuat story dengan fitur kamera instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

  1. Setting: ini untuk mengatur story Anda, seperti siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihatnya, menghubungkan dan berbagi story ke facebook, dan masih banyak yang lainnya. Anda dapat membaca penjelasannya pada bagian bawah setiap poinnya.
  2. Flash: untuk mengaktifkan dan nonaktifkan flash handphone Anda.
  3. Exit story: keluar dari fitur story dan kembali ke beranda.
  4. Membuat story yang berisi teks.
  5. Membuat video boomerang: video yang seperti gif, gerakannya berulang.
  6. Tata letak (untuk membuat koleksi foto): yaitu beberapa foto yang digabungkan menjadi satu.
  7. Superzoom: untuk membuat video yang akan otomatis zoom ketika digunakan.
  8. Handsfree: membuat video dengan sekali tekan (biasanya kan harus tekan dan tahan kalau pakai yang kamera biasa).
  9. Geser untuk mengganti filter/efek yang Anda inginkan, dan klik bulet tengah untuk mengambil foto atau tahan untuk mengambil video.
  10. Geser untuk ganti mode.
  11. Opsi lain selain swipe up untuk memasukkan gambar/video dari galeri handphone.
  12. Untuk mengganti kamera yang ingin digunakan (depan atau belakang).

Kemudian ada banyak hal juga yang dapat Anda lakukan pada foto/video Anda setelah jadi lho, ini beberapa diantaranya:

foto background biru story instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

  1. Back: untuk kembali ke kamera story.
  2. Menambahkan filter: tak hanya sebelum memotret, Anda juga dapat memberi filter pada foto/video Anda setelah foto/video itu jadi.
  3. Opsi lainnya: ini untuk para pelaku bisnis dan kreator konten jika ingin membuat iklan di story mereka.
  4. Ikon untuk menyimpan foto/video yang telah Anda buat ke galery hp Anda.
  5. Untuk menambahkan stiker. Ada banyak macam stiker di sini, mulai dari lokasi, jam, tagar, bahkan gambar bergerak (gif) yang lucu-lucu juga ada, tinggal pilih saja.
  6. Brush/pensil/apalah sebutannya: ini untuk menggambar/menulis/mewarnai sesuatu dengan bebas.
  7. Untuk menambahkan teks/tulisan.

Nah, kalau foto/video Anda sudah siap untuk dipublikasikan, Anda tinggal menekan tombol “kirim ke” kemudian pilih kemana Anda akan mengirimnya, bisa untuk story umum atau secara personal ke orang tertentu melalui pesan.

share instagram story ke teman dan followers, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Atau Anda bisa langsung klik foto profil Anda yang berada di bagian kiri bawah untuk membuat story di akun Anda.

Mengirim chat personal dan video call

Selain posting konten, Anda juga bisa mengobrol dengan teman lewat teks maupun video. Caranya mudah sekali, fitur ini ada di sebelah kanan home page.

Anda dapat menggeser layar ke kiri pada halaman beranda atau klik icon pesawat kertas yang ada di sebelah kanan atas, kemudian akan muncul halaman ini:

membuka fungsi fitur chat dan video call pada instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula membuka fungsi fitur chat dan video call pada instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

  1. Untuk membuat obrolan baru.
  2. Untuk mengambil tindakan (hapus, pindah ke umum, tandai belum dibaca, dll) kepada chat yang sudah ada. mengedit chat di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  3. Untuk mencari chat yang mungkin sudah tertimbun.
  4. Memfilter chat.
  5. Utama untuk chat biasa, pindahkan ke Umum jika Anda tidak ingin ada notifikasi yang keluar ketika akun itu mengirim pesan.
    • Cara cepat memindahkannya: tekan dan tahan chat yang ingin Anda pindahkan, kemudian klik “pindahkan ke Umum”. memindahkan chat utama ke umum di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  6. Ini adalah daftar akun yang pernah mengirim/menerima chat ke akun Anda.
  7. Cara cepat jika Anda ingin mengirimkan gambar kepada akun tersebut.
  8. Kamera di sini adalah cara lain untuk membuka kamera story yang sudah saya bahas sebelumnya.

Untuk melakukan video call, Anda harus menekan salah satu obrolan terlebih dahulu, kemudian tekan ikon kamera video di kanan atas layar dan penggilan video akan dimulai.

fitur video call instagram di direct message, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Mengunci akun (mengubahnya menjadi privat)

Akun privat artinya akun itu hanya bisa dilihat oleh akun lain yang sudah mendapat persetujuan dari pemilik akun untuk mengikutinya.

Jadi segala aktifitas dari akun hanya bisa dilihat oleh para followers-nya saja. Cara mengaturnya begini:

  1. Buka pengaturan (klik ikon hamburger pada halaman akun kemudian pilih pengaturan). pengaturan untuk mengubah akun menjadi privat/privasi, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  2. Pilih “privasi”. pengaturan untuk mengubah akun menjadi privat/privasi, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  3. Kemudian pada bagian privasi akun ubah menjadi on (klik “akun privat”). pengaturan untuk mengubah akun menjadi privat/privasi, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  4. Lalu setujui dengan menekan tulisan “beralih ke pribadi”. ubah akun instagram ke privat dengan beralih ke akun pribadi, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemulapengaturan untuk mengubah akun menjadi privat/privasi, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Nah, sekarang hanya pengikut Anda yang bisa melihat foto dan video Anda. Mudah bukan? Jika ingin mengembalikannya ke akun publik tinggal klik lagi saja.

Mengubah akun menjadi akun bisnis/kreator

Tujuan dari mengubah akun menjadi akun profesional sebenarnya adalah untuk membuka fitur insight, yaitu fitur untuk melihat interaksi dan perkembangan dari akun Anda.

Contohnya seperti: melihat berapa jumlah view, like, comment, share, dan save pada tiap postingan; melihat berapa banyak orang yang mengikuti Anda minggu ini; umur dan gender apa yang paling dominan di akun Anda, dan data-data lainnya.

Jadi walaupun akun Anda adalah akun pribadi (bukan untuk bisnis atau content creator), Anda tetap akan diuntungkan dengan fitur ini karena bisa melihat data-data tindakan dari pengunjung akun Anda.

Untuk perbedaan menjadikan akun kreator atau bisnis saya sendiri sampai saat ini belum menemukannya karena data yang dihasilkan sama, hanya beda namanya saja.

Jadi Anda bisa pilih salah satu sesuai keiinginan Anda atau profesi Anda. Cara menggantinya ada di sini:

  1. Buka pengaturan (klik ikon hamburger pada halaman akun kemudian pilih pengaturan). pengaturan untuk mengubah akun menjadi profesional bisnis/kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  2. Pilih akun kemudian scroll ke paling bawah ada tulisan “beralih ke akun profesional” berwarna biru. pengaturan akun instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula pengaturan akun instagram beralih ke profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  3. Pilih, kemudian tentukan kategori akun Anda dan klik lanjutkan. pengaturan akun instagram beralih ke profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula pengaturmemilih kategori akun profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula Aktifkan “Tampilkan label kategori” jika Anda ingin nama kategori muncul di profil Anda.
  4. Kemudian tentukan akun Anda mau menjadi akun bisnis atau kreator (ini bisa diedit kapan aja ya jadi gak usah terlalu banyak mikir). pengaturan akun instagram beralih ke profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  5. Langkah setelah itu bisa di-skip saja, tapi boleh juga diisi jika Anda ingin mengisinya.

    info kontak instagram profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
    Info kontak untuk memberitahu kontak yang bisa dihubungi kepada orang lain.
  6. Selesai! Sekarang akun Anda sudah beralih menjadi akun bisnis/kreator.
penampakan profil akun profesional bisnis kreator, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
penampakan akun profesional

Sekarang Anda bisa melihat insight dan berpromosi lewat akun Anda.

Jika memutuskan untuk menjadi akun profesional, akun Anda tidak bisa di-private (kunci) lho, jadi harus merupakan akun publik yang bisa dilihat oleh semua orang.

Tapi tenang aja, akun Anda bisa kembali menjadi akun pribadi lagi kok, caranya sama seperti tadi, namun kali ini klik “beralih ke akun pribadi”.

Instagram shop

Update terbaru ini instagram menambahkan toko untuk memfasilitasi para pebisnis yang menggunakan instagram sebagai wadah dalam berpromosi. Begini penampakannya:

etalase toko instagram shopping, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Nah, gimana sih cara membuat toko di instagram? Ternyata setting-nya ada di sini nih:

  1. Pastikan dulu bahwa akun Anda sudah beralih ke akun profesional (bisnis/kreator).
  2. Lalu ikuti langkah-langkah berikut:
    1. Buka pengaturan. buka pengaturan instagram untuk membuat toko, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
    2. Pilih “bisnis” atau “kreator”. setting instagram bisnis untuk membuat toko di instagram shopping, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
    3. Klik “siapkan instagram shopping”. membuat instagram shopping, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
    4. Klik mulai lalu hubungkan dengan akun facebook Anda.  mulai membuat toko di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemulamenghubungkan halaman facebook untuk membuat toko di instagram, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Sambungkan dengan halaman facebook Anda, terserah mau buat halaman di FB pribadi atau bisnis. Tapi saran saya jika instagram Anda merupakan akun bisnis, buat akun facebook baru khusus untuk bisnis Anda juga.

Kemudian, pastikan Anda sudah memiliki web untuk toko Anda. Instagram hanya memfasilitasi toko untuk memajang barang-barang Anda, tidak untuk bertransaksi layaknya marketplace.

etalase toko di instagram shopping terhubung ke website penjual, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Jadi selanjutnya Anda akan di arahkan ke website toko tersebut untuk melakukan transaksi.

Bonus: cara menggunakan instagram music di Indonesia

Ini sebenarnya adalah tahap lanjutan jika Anda sudah mengetahui cara mengoperasikan instagram dengan baik. Tapi berhubung saya lagi baik jadi saya share cara ini sebagai bonus hehe.

Jika Anda mengikuti (follow) akun luar negeri, mungkin suatu saat Anda akan melihat mereka membagikan postingan instagram music yang tidak akan bisa di play oleh akunmu. Atau Anda sudah mengalaminya?

Nanti akan muncul tulisan semacam “fitur ini tidak tersedia di negara Anda” (seperti itu intinya karena saya agak lupa).

Entah kenapa fitur musik di instagram ini belum tersedia di Indonesia. Tapi tenang, Anda masih bisa menggunakannya kok!

Caranya juga gampang banget. Karena fitur ini tidak tersedia di Indonesia, jadi Anda bisa menggunakan VPN supaya server Anda berganti menjadi negara lain.

  1. Instal aplikasi VPN apa saja di playstore (saya pakai turbo VPN lite). aplikasi vpn android untuk membuat instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula instal aplikasi turbo vpn android untuk membuat instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  2. Buka lalu aktifkan VPN-nya. menjalankan aplikasi turbo vpn android untuk membuat instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula menjalankan aplikasi turbo vpn android untuk membuat instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula

Setelah VPN aktif, Anda dapat membuka aplikasi instagram seperti biasa dan menggunakan fitur instagram music.

Menggunakan fitur musik pada instagram story

  1. Buka fitur cerita di instagram seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya.
  2. Buat foto atau video seperti biasa.
  3. Setelah foto/video siap, pilih icon untuk stiker yang ada di bagian atas. buat story instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  4. Klik musik dan pilih lagu apa yang ingin Anda gunakan. buat story instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula pilih musik untuk story instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  5. Anda dapat memilih bagian lagu dan jenis font terlebih dulu sebelum memposting instagram music. buat story instagram music, cara menggunakan instagram versi baru untuk pemula
  6. Yey! Anda telah berhasil membuat instagram music pada story akun Anda.

Tapi ingat! Tidak ada gunanya Anda menggunakan instagram music jika follower Anda adalah orang Indonesia juga, karena musik yang Anda bagikan tidak akan bisa diputar oleh penonton.

Oke, itulah beberapa cara menggunakan instagram yang bisa saya bagikan. Bagi Anda yang mungkin baru terjun ke dunia instagram sih ini sudah sangat cukup untuk diketahui.

Semoga tutorial yang saya berikan bermanfaat! Kalau ada yang mau ditanyakan atau ada saran boleh banget tinggalin komen ya. 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply