Pastikan Anda Tahu Kelebihan dan Kekurangan Shopee Sebelum Membeli/Berjualan di Sana

Pastikan Anda Tahu Kelebihan dan Kekurangan Shopee Sebelum Membeli/Berjualan di Sana

Banyaknya marketplace yang ada saat ini memang membuat sebagian orang bingung harus pilih yang mana untuk menjual atau membeli suatu produk.

Shopee mungkin memang menjadi favorit masyarakat saat ini karena iklan gratis ongkirnya yang menggiurkan. Bisa kita perhatikan, kemanapun kita pergi pasti ada aja bunyi notifikasi shopee dari HP orang.

Namun tahukah Anda selain banyak kelebihan yang ditonjolkan ternyata ada beberapa kekurangan yang mungkin cukup mengganggu.

Namun tak hanya shopee saja, tokopedia, lazada, JD.ID, bukalapak, belibeli, dan berbagai e-commerce lainnya pasti juga punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik untuk penjual maupun pembeli.

Nah, jadi apa aja sih kelebihan dan kekurangan shopee yang bisa kita jadikan pertimbangan apakah akan berjualan atau berbelanja di sana?

Kelebihan Shopee

gambar dividends, grafik naik, kelebihan shopee
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Kalau soal kelebihan pasti kebanyakan orang sudah tau soal itu, karena yang diiklankan oleh sesuatu pastilah kelebihannya.

Tapi mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal betul si shopee ini.

Untuk itu di sini saya akan sebutkan beberapa kelebihan yang saya tahu baik untuk buyer maupun seller. Supaya Anda, para calon pemain baru bisa tahu fitur apa saja yang bisa Anda maksimalkan.

Kelebihan bagi penjual

Ada beberapa kelebihan shopee bagi penjual yang mungkin tidak bisa Anda dapat ketika berjualan di platform e-commerce lainnya, diantaranya:

  1. Pengguna yang melimpah

    Karena kepopulerannya, sebagian besar penduduk di Indonesia ini pastinya lebih memilih menggunakan shopee dibanding dengan marketplace lama seperti lazada atau tokopedia.

    Dengan traffic yang banyak ini tentunya akan membuat lapak Anda lebih banyak yang melihat dan mungkin akan laku keras.

  2. Bisa upload hingga 9 gambar

    Ini menguntungkan sekali bagi penjual untuk meyakinkan pelanggan atau jika Anda memiliki varian produk yang beragam.

  3. Ada kolom untuk memilih varian

    Jika produk Anda adalah tipe yang memiliki berbagai varian, fitur ini akan sangat membantu. Pembeli akan langsung memilih varian yang sudah Anda sediakan tanpa harus menulisnya pada kolom keterangan.

    Anda juga bisa mengaturnya jika varian itu habis. Jadi pembeli bisa langsung tau bila varian yang diinginkannya sedang tidak tersedia.

  4. Terintegrasi oleh sistem pengiriman paket

    Anda tidak perlu repot-repot menulis kembali alamat penerima ketika berjualan di shopee. Karena ketika ada pembeli, sistem shopee akan langsung terintegrasi oleh sistem pengiriman paket.

    Jadi Anda hanya perlu menuliskan kode pengiriman barang dan data pembeli akan langsung muncul. Sistem ini sangat efektif untuk menghindari kesalahan penulisan jika dilakukan secara manual.

  5. Banyak program yang menguntungkan

    Program-program yang dibuat shopee nampaknya hanya bertujuan untuk memuaskan konsumen.

    Namun ternyata berbagai program itu juga berdampak bagi para penjual. Program gratis ongkir misalnya, ini bisa berdampak pada peningkatan penjualan suatu produk.

  6. Adanya fitur-fitur penghargaan untuk penjual

    Salah satu penghargaan yang ada untuk penjual adalah star seller. Anda akan mendapat keuntungan jika bisa menjadi star seller, diantaranya produk Anda akan lebih sering dipromosikan oleh shopee.

    Toko Anda juga akan lebih terpercaya oleh pelanggan. Kalau banyak yang percaya pastinya akan banyak juga yang membeli produk Anda.

  7. Shopee beri coin gratis untuk pelanggan yang kasih review

    Ada sekitar 50 coin shopee yang akan diberikan kepada pembeli jika mau mengisi penilaian produk serta menambahkan foto setelah barang sampai.

    Dengan adanya hal ini, Anda jadi tidak perlu pusing lagi memikirkan cara supaya pembeli Anda memberikan bintang dan review-nya setelah membeli produk Anda.

    Karena penilaian produk ini sangat penting untuk trust pelanggan.

Kelebihan bagi pembeli

Nah bagi kalian para konsumen, pastinya shopee memiliki banyak keunggulan yang membuatnya bertahan sebagai marketplace favorit hingga saat ini. Jadi apa aja sih nilai plus-nya?

  1. Gratis ongkir

    Anda pasti sudah tahu kan kelebihan yang satu ini? Kebanyakan pengguna shopee tergiur untuk daftar dan menggunakan e-commerce satu ini karena gratis ongkirnya.

    Jadi tidak usah saya jelaskan panjang lebar deh kelebihan pertama ini.

  2. Permainan seru berhadiah

    Tau permainan tanaman shopee? Yang mengharuskan kita menyiram tanaman berhadiah setiap beberapa jam sekali.

    Sebenarnya gak seru-seru banget sih… tapi lumayan lah buat ngisi kekosongan waktu yekan, dapet hadiah juga kalau tanamannya udah tumbuh. Bisa dapat beras, jus atau apalah itu, bahkan sekarang lagi ada THR 1 juta.

    Dan masih banyak lagi permainan lain yang gak kalah seru kok, tapi hadiahnya paling voucher (tetep lumayan).

  3. Bisa nawar

    Kebiasaan orang Indonesia terutama ibu-ibu ni pasti sukanya nawar kan. Nah keahlian nawar Anda di sini bakal kepake banget! Enak gak tuh??

    Ya walaupun harga setelah ditawar gak akan sejatuh kalau melakukan tawar menawar di pasar sih karena penjualnya pasti gak mau, tapi lumayan lah bisa turun sedikit.

  4. Banyak promo

    Bukan hanya gratis ongkir saja promo shopee yang bikin masyarakat tergiur, tapi ada banyak lagi promo menarik seperti: cashback 100 ribu, diskon 90%, flash sale, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  5. Harga barang relatif murah

    Karena persaingan harga di shopee yang super ketat dan banyaknya diskon inilah yang membuat harga di shopee relatif lebih murah dari marketplace lainnya.

    Tapi sebenarnya tak semua barang demikian. Di tempat lain seperti bukalapak atau tokopedia kalau mau niat cari yang paling murah kadang ketemu juga kok.

  6. Bisa bayar ditempat (COD)

    Bagi Anda dengan tempat tinggal terpencil yang jauh dari atm, bahkan indomaret dan alfamart saja tidak ada, juga tidak punya mobile banking, COD (Cash On Delivery) ini mungkin bisa jadi solusi terbaik.

  7. Bisa melakukan komplain lewat live chat

    Di aplikasi shopee ada fitur live chat dengan customer service yang akan memudahkan pelanggan yang ingin bertanya atau melakukan komplain.

    Enaknya lagi CS di live chat ini melayani customer-nya selama 24 jam loh.

Kekurangan Shopee

foto pria / laki-laki berteriak sambil menggenggam / memegang telepon
Photo by Icons8 Team on Unsplash

Kalau udah ngomongin soal kelebihan pastinya gak lengkap dong tanpa tahu kekurangannya.

Untuk bisa menimbang-nimbang dan memutuskan apakah platform berbelanja ini cocok kita pakai atau tidak, kita harus tau dulu plus minus yang ada.

Tapi bukan berarti saya bermaksud menjelek-jelekkan, di sini saya hanya ingin memberi sebuah informasi saja. Karena sesuatu apapun itu pasti tidak ada yang sempurna. Trimakasih.

Kekurangan bagi penjual

Seperti biasa, saya akan menuliskannya dulu untuk Anda para calon pelapak atau mungkin sudah lumayan lama bermain di shopee. Ini beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  1. Perang harga sampai berdarah-darah

    Iya saya tau, yang namanya marketplace pasti terjadi perang harga di dalamnya. Namun karena pengguna di shopee itu buanyaaakk banget, jadi para pelapak juga berlomba-lomba agar pembeli order di tokonya.

    So, ibarat di e-commerce lain perangnya masih bisa sambil berdiri, di shopee ini harus sampe ngesot-ngesot biar menang!

  2. Akun lama cenderung menjadi pemenang persaingan

    Ini juga, walaupun semua marketplace seperti itu, tapi shopee lebih parah!

    Akun lama akan lebih mudah mendapat promo dari shopee sehingga akan mendatangkan pelanggan lebih banyak. Sedangkan yang baru? Nontonin aja udah sambil makan popcorn.

    Nah, solusinya mungkin Anda bisa main rugi diawal dengan menjatuhkan harga sejatuh-jatuhnya.

    Atau Anda juga bisa mempromosikan produk di luar shopee, misal instagram dan facebook dengan memanfaatkan COD yang ada pada shopee.

    Jadi ketika pelanggan Anda dari instagram atau facebook meminta COD, Anda bisa langsung mengarahkannya untuk order pada toko shopee Anda.

  3.  Promo gratis ongkir ribet

    Memang promo ini membantu sekali untuk meningkatkan penjualan di shopee, tapi menurut pengalaman beberapa pelapak, syarat yang shopee ajukan untuk promo ini terkesan ribet.

    Harus upload foto KTP dan sebagainya, juga terkadang biaya ongkir juga tidak diganti sepenuhnya oleh shopee.

  4. Pencairan dana yang lama

    Pencairan dana dari konsumen Anda baru akan dilakukan minimal 3 hari setelah barang dikirim, lumayan lama juga ya?

    Jadi untuk hal ini Anda harus memiliki modal lebih agar Anda tetap bisa melayani pembelian dari konsumen lain.

  5. Upload gambar sering gagal

    Walaupun gambar yang bisa diupload lumayan banyak, tapi terkadang proses mengupload gagal dan sering error ketika mengupload dengan aplikasi.

Kekurangan bagi pembeli

Ternyata selain keunggulannya yang selalu terlihat menggiurkan bagi para konsumen, shopee juga punya kekurangan yang mungkin Anda tidak sadar karena sedang bergembira punya duit buat belanja ria.

Beberapa kekurangan shopee yang membuat saya berpikir 2 kali untuk memutuskan belanja di sana:

  1. Lemot

    Diwaktu tertentu shopee sering mengalami eror dan cukup lambat untuk diakses karena mungkin banyaknya pengguna saat itu yang sedang mengakses aplikasi atau gak mau upgrade server.. maybe.

  2. Bank tidak lengkap

    Walaupun banyak yang memuji-muji shopee bayarnya gampang lah, pilihan pembayarannya banyak lah, bisa verifikasi otomatis, blablabla.

    Opsi pembayaran di shopee tetaplah menjadi alasan saya berpikir 2 kali kalau mau belanja di shopee, karena bank saya itu mandiri syariah.

    Dan pilihan transfer ke mandiri syariah itu gak ada (ya emang saya yang salah sih kenapa punyanya bank itu).

    Tapi itu kan bank terkenal, kenapa gak ada? Malah adanya niaga, kan kalau transfer ke sana jadi harus bayar biaya admin. Alhasil saya jadi harus pakai flip (kenapa jadi curhat).

    Selain itu keunggulan shopee katanya bisa verifikasi secara otomatis. Hmmm… tapi itu harus pakai virtual number, kalau transfer biasa ke nomer rekening ya gak bisa, harus upload bukti transfer.

    Ini juga menyusahkan bagi orang yang tidak mempunyai i-banking.

    Padahal di marketplace tetangga sudah bisa verifikasi otomatis loh dengan menggunakan kode unik di belakang jumlah total pembayaran.

    Tapi sekarang sudah lengkap pilihan untuk transfer dengan virtual number, mungkin pihak shopee sudah baca artikel saya, haha. Ingin saya hapus poin yang satu ini tapi eman-eman juga.

  3. Banyak pelapak yang sudah tidak aktif

    Beberapa lapak di shopee saya temui sudah tidak aktif lagi, ketika di chat berhari-hari tidak ada balasan sama sekali.

    Bahkan ada juga seller nakal yang berniat menipu pelanggannya, yang di display apa yang dikirim apa, gak sesuai. Ini mungkin terjadi karena mudahnya berjualan di shopee, semua orang bisa jualan di sana.

    Jadi harus hati-hati jika ingin berbelanja online dimanapun itu. Lihat review produk dari pembeli sebelumnya, sebelum memutuskan untuk membeli di toko itu juga, kalau bagus lanjut deh.

  4. Respon chat lama

    Beberapa seller memang bisa dibilang fast respon dan menyenangkan ketika di tanya melalui chat, namun kebanyakan seller membalas chatnya kalau sempat alias luaamaaaa sekali.

  5. Spam seller dimana-mana

    Karena kemudahan dalam berjualan di shopee ini, jadi banyak produk ‘dropship tidak kreatif’. Maksudnya apa?

    Banyak produk dengan foto sama, deskripsi sama, dan harga juga mirip-mirip yang membuat konsumen bingung mana yang terpercaya (kalau saya sih nggak, cuma eneg aja liatnya).

    Solusinya? Kuncinya tetap pada review pelanggan dan bintang yang ada pada produk.

  6. Gratis ongkir yang tak selalu gratis

    Menurut saya voucher gratis ongkir itu sesungguhnya bukan gratis ongkir, tapi potongan ongkir.

    Gratis ongkir itu bisa Anda dapat bila harga ongkir Anda murah, misal hanya 10 ribu.

    Kalau ongkirnya 50 ribu ya jatuhnya jadi hanya dapat potongan ongkir, gak bisa benar-benar dapat 100% bebas ongkir. Bener gak sih?

  7. Voucher yang lucu

    Untuk bisa menggunakan voucher, biasanya ada batas minimal total belanja. Ya emang dimana-mana biasanya begitu sih.

    Tapi batas minimalnya ini terbilang cukup tinggi, misal minimal belanja 100 ribu tapi dapet potongan cuma seribu, lucu gak sih?

    Atau diskon 90% maksimal potongan 5 ribu rupiah. Buat apa potongan 90% kalau ujungnya cuma 5 rebu?!

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan yang sudah lengkap saya jabarkan baik dari segi penjual maupun pembeli.

Mohon maaf apabila saya rada ngegas, tapi beneran gak bermaksud menyinggung apapun dan siapapun kok.

Kalau mungkin ada yang tidak sesuai atau mau menambahkan boleh loh tambahin di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca sampai akhir. 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply