seorang laki-laki sedang menelepon di tengah sunset di pantai dengan handphone warna hitam, kacamata, dan jam tangan. cara mengatasi nomor yang tidak bisa dihubungi padahal aktif.

Penyebab Nomor Tidak Bisa Dihubungi Padahal Aktif dan Cara Mengatasinya

Memiliki nomor yang tidak bisa dihubungi padahal masih aktif memang kadang membingungkan. Beberapa penyebab berikut mungkin saja terjadi:

  1. Tidak ada sinyal,
  2. pemasangan kartu tidak pas,
  3. mode pesawat sedang aktif,
  4. jaringan atau ponsel sedang bermasalah,
  5. dan lain sebagainya.

Beberapa penyebab di atas dapat terjadi pada jenis operator apapun, baik itu xl, telkomsel, tri, axis, smartfren, maupun indosat.

Dan berlaku juga pada semua jenis ponsel seperti oppo, vivo, samsung, iphone, infinix, sony xperia, realme, xiaomi, dll.

Mari kita bahas satu persatu masalah di atas serta solusinya.

1. Tidak ada sinyal

tulissan lampu no signal berwarna merah orange background hitam, tidak ada sinyal menyebabkan nomor tidak bisa dihubungi padahal aktif
Photo by Benjamin Farren

Masalah pertama yang sering terjadi adalah tidak adanya sinyal yang tertangkap pada ponsel atau biasa disebut jaringan berada di luar jangkauan.

Hal ini biasanya sering terjadi di tempat yang minim sinyal seperti desa, pegunungan, atau daerah pelosok yang jauh dari kota.

Untuk permasalahan ini, Anda tidak bisa melakukan apapun selain mencari tempat yang lebih baik agar bisa mendapatkan sinyal.

Namun ada juga kemungkinan handphone Anda sedang error seperti yang pernah terjadi pada smartphone yang saya gunakan.

Jika demikian, Anda dapat coba melakukan restart pada ponsel supaya ponsel Anda dapat kembali menangkap sinyal.

2. Pemasangan kartu tidak pas

handphone android berwarna hitam tergeletak di meja dengan posisi telungkup layar menghadap bawah dan slot kartu sim yang dikeluarkan bersama sim card di atasnya, background hitam
Photo by Silvie Lindemann

Pemasangan kartu SIM pada ponsel mungkin saja tidak pas, Anda dapat mencoba melepaskan SIM card pada ponsel lalu memasangnya lagi untuk memastikan kartu terpasang dengan benar.

Jika Anda sudah yakin kartu telah terpasang dengan benar namun tetap tidak dapat berfungsi, coba untuk memasangnya pada ponsel lain.

Jika di HP lain kartu tetap tidak bisa digunakan, ada kemungkinan kartu Anda yang bermasalah.

Cobalah datang ke kantor operator kartu SIM sesuai yang Anda gunakan dan tanyakan kendala yang Anda temukan pada SIM card Anda.

3. Mode pesawat sedang aktif

Mode pesawat pada ponsel biasanya akan ditandai dengan simbol seperti berikut:

jika nomor tidak bisa dihubungi padahal aktif, matikan mode pesawat pada ponsel, simbol air plane mode pada handphone android smartphone
Simbol mode pesawat

Jika simbol berbentuk pesawat seperti gambar di atas muncul pada bar notifikasi handphone Anda, tandanya ponsel Anda sedang dalam mode pesawat.

Solusi untuk ini tentu saja dengan menonaktifkan mode pesawat.

Gulirkan bar atas pada ponsel lalu cari simbol pesawat bertuliskan “Airplane mode” atau “Mode pesawat”, kemudian tekan sekali, mode pesawat akan nonaktif.

4. Jaringan atau ponsel sedang bermasalah

seorang lelaki berkulit hitam menggunakan baju putih dan tas ransel seperti sedang mendaki gunung, sedang berada di dalam hutan kesulitan mencari sinyal
Photo by Kamaji Ogino

Hal keempat yang mungkin saja menjadi alasan nomor tidak bisa dihubungi padahal aktif adalah error pada jaringan atau ponsel yang Anda gunakan.

Jika ini terjadi, cobalah me-restart handphone Anda.

Namun jika masalah belum terselesaikan dan Anda yakin bahwa ada kesalahan pada ponsel yang Anda gunakan, Anda bisa coba membawanya ke service center untuk diperbaiki.

5. Cara lain jika empat cara di atas tidak berhasil

Jika Anda telah memcoba beberapa cara di atas untuk mengatasi nomor yang tidak bisa dihubungi padahal Anda yakin bahwa nomor Anda masih aktif, cobalah cara berikut ini:

1. Matikan data seluler

Data seluler biasanya akan mati dengan otomatis ketika menelpon atau menerima telepon karena jaringan internet akan mengganggu jaringan telepon jika diaktifkan.

Namun jika Anda berada pada kondisi yang berbeda (data internet tidak mati secara otomatis), Anda dapat mematikannya secara manual.

Caranya usap bagian atas layar ke bagian tengah, lalu klik ikon dengan tulisan “mobile data” atau “data seluler”.

2. Nonaktifkan fitur blokir panggilan tidak dikenal

Fitur ini mungkin tidak tersedia di semua handphone. Anda dapat mengeceknya pada pengaturan telepon kemudian ke setelan daftar blokir.

Nonaktifkan fitur blokir panggilan tak dikenal karena ini akan me-reject setiap panggilan dari nomor yang tidak Anda simpan.

3. Nonaktifkan pengalihan panggilan/call forward

Mungkin Anda pernah mengaktifkan fitur pengalihan (call forward) pada telepon genggam Anda, atau orang yang Anda hubungi sedang mengaktifkan fitur ini.

Jika iya, maka fitur ini harus dinonaktifkan terlebih dahulu.

Masuk ke pengaturan telepon > hapus call forwarding/pengalihan pangilan/penerusan panggilan.

Kesimpulan

Untuk memudahkan Anda dalam mencoba beberapa solusi di atas, saya akan merangkumnya di sini.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi nomor tidak bisa dihubungi padahal aktif:

  1. Cari tempat yang memiliki sinyal kuat.
  2. Restart ponsel.
  3. Coba pasang kartu pada ponsel lain, jika tidak bisa juga bawa ke service center sesuai operator yang Anda gunakan.
  4. Nonaktifkan mode pesawat.
  5. Jika dirasa ponsel Anda bermasalah (tidak bisa menangkap sinyal, dll), bawa ke service center terdekat.
  6. Nonaktifkan data seluler.
  7. Matikan fitur bloking panggilan tidak dikenal.
  8. Nonaktifkan call forward/pengalihan panggilan/penerusan panggilan.

Itulah delapan cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki nomor yang tidak bisa dihubungi padahal aktif. Selamat mencoba! Semoga berhasil. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *