Nih Cara Bermain UNO yang Asli, Jangan Bingung Lagi!

UNO? Pasti udah pada tau dong permainan kartu seru yang satu ini? UNO berarti satu yang diartikan dari bahasa Italia. Tapi meskipun begitu, UNO ini berasal dari US lho dan diciptakan oleh seorang owner babershop asal Reading, Ohio, yang bernama Merle Robbins pada tahun 1971.

Fungsinya diciptakan kartu ini ya memang untuk seru-seruan aja, namanya juga permainan. Jadi saat itu Mr. Robbins yang menyukai kartu memperkenalkan permainannya kepada keluarganya, yang ternyata mereka menyukainya.

Kemudian dibuatlah 5000 pack kartu UNO. Pada awalnya kartu ini hanya dijual di babershop miliknya saja, lalu berkembang ke toko-toko didaerahnya.

Sampai akhirnya ia menjual copyright UNO kepada seorang pemilik funeral asal Joliet, Illinois seharga US$ 50.000 ditambah royalti sebesar 10 sen per gamenya.

Berkembang sampai dengan sekarang ini, UNO tak hanya menjadi kartu. Seiring berkembangnya jaman, dibuatlah berbagai jenis UNO seperti : UNO stacko, spin, attack, dan yang lainnya. Bahkan sekarang ada juga upgrade dari kartu UNO yang bernama DOS.

Seiring waktu juga, UNO kartu ini jadi memiliki banyak sekali cara dalam bermainnya yang biasanya dibuat sesuka hati yang mau main. Nah, akibatnya jadi banyak yang bingung nih bagaimana cara bermain UNO yang sebenarnya.

Buat kalian yang bingung dan ingin mencari tahu bagaimana peraturan dalam bermain UNO yang asli gak usah khawatir, aku akan kasih tau cara bermain lengkap dengan trik agar gak cupu alias bisa menang terus dalam permainan.

Supaya gak semakin penasaran yuk langsung aja ke tutorial berikut.

Jumlah pemain

jumlah pemain dalam permainan uno, pion dalam catur berwarna warni
Photo by Pixabay

Sebelum masuk ke tutorial, kita kenali dulu kartu dan pemainnya.

Permainan kartu ini harus dimainkan oleh manusia diatas usia 7 tahun dan jumlah pemainnya ada 2-10 orang.

Jangan pernah memainkannya sendiri karena nanti gak seru jadi sedih. Hmm, kalau over gak masalah sih gak ada yang marahin juga, tapi nanti kartunya habis jadi gak bener mainnya.

Jenis kartu

jenis kartu uno lengkap biasa dan aksi cara bermain
Photo by nastitirizki.blogspot.com

Jadi kartu uno ini yang asli jumlahnya ada 108 dan terdiri dari 76 kartu biasa serta 32 kartu aksi. Gini penjelasannya :

  • Kartu biasa memiliki empat warna dengan nomor yang tertera yaitu antara 0-9. Setiap angka dimiliki oleh 2 kartu kecuali angka 0. Jadi total dari setiap warna adalah 19 ( 19 merah, 19 kuning, 19 biru, dan 19 hijau).
  • Kartu aksi sebagai berikut :
    • 8 kartu +2 (draw two) = ada 2 tiap warnanya.
      • Kartu ini hanya bisa dikeluarkan ketika warna kartu teratas sama dengan kartumu, atau sama-sama merupakan kartu +2.
      • Pemain selanjutnya yang terkena kartu ini harus mengambil 2 kartu kecuali dia juga punya kartu yang sama (+2) maka jumlahnya akan ditambahkan kepada pemain selanjutnya.
    • 8 kartu reverse = 2 tiap warnanya.
      • Ini juga boleh dikeluarkan menyesuaikan warna kartu sebelumnya, kecuali jika yang terakhir adalah kartu + maka kamu harus mengambil kartu dulu sesuai dengan jumlah +nya.
      • Kartu ini berfungsi untuk mengubah arah permainan, misal yang pertamanya giliran diberikan searah jarum jam, ketika ini dikeluarkan muternya berubah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Kecuali cuma 2 orang yang main, permainan akan berjalan seperti biasa.
    • 8 kartu skip = 2 tiap warnanya.
      • Sama seperti sebelumnya, sesuaikan warna atau simbol jika ingin keluarkan kartu ini.
      • Fungsi dari kartu ini adalah memberhentikan pemain selanjutnya sesuai dengan jumlah kartu skip yang dikeluarkan.
    • 4 kartu +4 (wild draw four) = bisa untuk semua warna.
      • Ini kartu paling mantap, yang dapat kalian keluarkan kapan saja kalian mau. Bisa juga untuk menangkal kartu +2 dari pemain sebelumnya.
      • Maksud dari kartu ini hampir sama dengan +2 namun kali ini yang harus diambil adalah 4 kartu atau lebih (sesuai dengan jumlah kartu yang dikeluarkan).
      • Kamu juga bisa memilih warna yang akan dimainkan selanjutnya jika mengeluarkan kartu ini.
    • 4 kartu wild.
      • Kartu ini juga bisa dikeluarkan kapan saja, dan diwarna apa saja. Kecuali jika kartu sebelumnya adalah kartu +, kamu harus mengambil kartu dulu sebelum mengeluarkan kartu ini.
      • Fungsinya adalah hanya untuk memilih warna. Ini biasanya digunakan ketika kalian tidak mempunyai warna yang ada pada bagian atas kartu buangan.

Cara Bermain

cara bermain kartu uno
Image by SofieLayla Thal from Pixabay

Nah, inilah yang sudah ditunggu-tunggu yaitu cara bermain kartu UNO. Perhatikan baik-baik.

1. Kocok kartu

Hal pertama yang wajib dilakukan dalam bermain kartu apapun adalah mengocok kartu. Yang pastinya dikeluarkan dulu dari kardusnya.

Kegiatan kocok mengocok ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau, atau biasanya yang kalah . Namun karena ini baru permulaan permainan jadi bisa siapa saja.

2. Bagikan kartu

Selanjutnya, bagikan kartu yang sudah dikocok tadi dengan 7 kartu tiap orangnya.

Kemudian buka satu kartu di tengah yang nanti akan menjadi patokan pertama, biasanya ini dinamakan kartu buangan.

Kartu buangan ini harus merupakan kartu biasa. Kalau misalnya dapat kartu aksi ya masukkan lagi dan ganti sampai dapat kartu biasa.

3. Tentukan giliran bermain

Menentukan giliran bermain ini bisa dengan cara apa saja, boleh gambreng atau menggunakan spin.

Biasanya yang memulai pertama adalah pemain yang menang pada pertandingan sebelumnya jika ini bukan ronde pertama.

Sesudah ditentukan pemain pertama, pemain selanjutnya akan mengikuti putaran jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam.

4. Mulai main

Permainan dimulai dari pemain pertama dengan mengeluarkan kartu sesuai dengan warna atau angka kartu yang ada ditengah tadi.

Misal : kartu ditengah adalah 7 biru, maka ada 2 cara mengeluarkan kartu, kamu bisa keluarkan kartu biasa atau kartu aksi. Pilih salah satunya, begini aturannya.

  • Kartu biasa

Pemain pertama bisa mengeluarkan kartu dengan angka 7 atau kartu yang berwarna biru dengan angka apapun.

Jika kamu mempunyai banyak kartu dengan angka yang sama dan salah satunya berwarna biru, maka kamu dapat mengeluarkan semua kartumu yang angkanya sama tersebut.

Namun, kamu tidak bisa mengeluarkan warna biru dengan angka yang berbeda-beda sekaligus. Jadi intinya kalau angka sama boleh keluarin lebih dari satu tapi kalau warnanya doang yang sama gak boleh, cuma boleh satu aja. Kalau angka dan warnanya sama ya jelas boleh.

Misal nih, tadi kan yang ada dibagian paling atas kartu buangan kartu 7 biru, nah kamu punya 4 kartu dengan angka 5 yaitu 5 merah, 5 hijau, 5 biru, 5 biru yang ada ditanganmu.

Jadi, kamu boleh keluarkan keempat kartu 5 mu itu tapi yang ada dipaling bawah adalah warna biru misal urutannya 5 biru, hijau, biru, merah. Dengan yang teratas boleh warna apa saja, bisa dibalik-balik.

Kalau kamu punya kartu dengan angka 7 banyak juga boleh dikeluarkan semua walaupun tidak ada yang berwarna biru. Misal ada 3 kartu, 7 merah, 7 kuning, 7 hijau, nah itu juga boleh karena kartu yang ditengah adalah angka ‘7’ dengan warna biru.

Tapi kalau misalnya kamu punya 3 kartu warna biru yaitu 4 biru, 9 biru, dan 0 biru. Maka yang boleh kamu keluarkan hanya salah satunya saja.

  • Kartu aksi

Selain kartu biasa, jika kamu mempunyai kartu aksi seperti yang sudah dijelaskan tadi, kamu juga bisa mengeluarkannya.

Namun, khusus kartu aksi ini karena tidak ada angkanya jadi kamu harus mengeluarkan sesuai warnanya, atau bisa juga keluarkan kartu hitam (yang bisa dipakai semua warna : wild dan +4)

Kan tadi kartu yang di tengah 7 biru, berarti kamu bisa mengeluarkan skip biru, +2 biru, reverse biru, +4, atau wild jika mempunyai salah satu dari kartu tersebut ditanganmu.

Ini juga berlaku untuk pengeluaran kartu lebih dari satu jika kamu mempunyai kartu dengan identitas sama namun berbeda warna, tapi tetap utamakan warna yang ada di tengah (wajib ada yang sama)

Misal kamu punya 3 kartu skip dengan warna hijau, kuning, biru. Kamu dapat mengeluarkan ketiganya dengan warna biru dibagian bawah. Yang efek nantinya menjadi triple skip, 3 pemain setelahmu tidak boleh bermain diputaran ini.

  • Jika tidak memiliki kartu

Jika kamu tidak memiliki kartu berwarna biru, +4, wild, ataupun kartu berangka 7 sama sekali, silahkan ambil 1 kartu yang ada pada tumpukan tengah.

Jika kartu yang diambil tadi bisa dikeluarkan, maka keluarkanlah, jika tidak bisa ya simpan saja dan lanjut ke pemain selanjutnya. Tapi kalau kartu yang kamu dapat sebenarnya bisa dikeluarkan namun kamu ingin menyimpannya juga gak masalah.

Misal nih pas ambil satu kartu di tengah ternyata dapat +4, kan eman-eman tuh kalau langsung dikeluarin, nah itu disimpan dulu gak masalah buat bekal nanti.

Peraturan menjelang menang

tulisan one cara bermain uno
Photo by Tatiana Rodriguez on Unsplash

Nah, disinilah kata ‘UNO’ akan digunakan. Jika kartu yang ditanganmu tinggal satu maka katakanlah ‘UNO’. Jika tidak maka pemain lain yang menyadarinya dapat mengatakan ‘UNO’.

Jika pemain lain mendahuluimu dalam mengatakan ‘UNO’ ketika kartu di tanganmu tinggal 1, maka kamu harus mengambil 2 kartu yang ada di tengah.

Tapi kalau ada pemain yang tiba-tiba mengatakan ‘UNO’ tanpa ada yang memiliki hanya satu kartu di tangannya maka dia yang mengatakan itu harus mengambil 2 kartu di tengah.

Sistem score

Untuk score ini dihitung ketika sudah ada satu pemain yang memenangkan permainan (kartunya sudah habis), maka pemain lain yang masih memegang kartu dihitung scorenya untuk menentukan juara 2 dan seterusnya.

Jadi begini cara menghitungnya. Kartu biasa akan dihitung sesuai dengan nominal yang ada pada kartu. Kalau 1 ya 1, 5 ya 5, 0 ya 0. Untuk kartu aksi scorenya sebagai berikut :

  • +2, skip, dan reverse bernilai 20
  • +4 dan wild bernilai 50

Semakin dikit nilai yang dimiliki maka akan semakin bagus, juara 2 ditentukan dari pemain yang memiliki score terdikit. Maka jika bermain dengan sistem score hati-hati kalau nyimpen kartu aksi.

Saya pribadi tidak suka dan jujur saja tidak pernah menggunakan sistem score ini karena ribet. Biasanya kalau ada yang kartunya udah habis ya permainan akan terus berlanjut hingga orang terakhir. Nanti kan akan kelihatan sendiri yang kalah siapa.

Harga UNO

Untuk harga UNO yang asli biasanya berkisar 60 ribu rupiah. Kalau yang KW sih banyak yang murah, mungkin 12 ribuan. Kartu ini bisa dibeli di toko mainan, online shop, toko buku atau departement store yang ada di kota kalian.

Tips bermain

Nah, kali ini saya akan berikan sedikit tips agar kalian dapat bermain dengan jago. Ya gak jamin bisa menang terus sih. Tapi seenggaknya bisa memperbesar kemungkinan kamu untuk menang.

Jadi cara yang biasa saya lakukan adalah yang pertama dengan mengira ngira kartu apa yang dimiliki oleh lawan. Perhatikan setiap lawan ketika mengeluarkan kartu.

Jika dalam permainan ada pemain yang mengambil kartu ditengah berarti dia tidak memiliki kartu itu. Maka keluarkanlah kartu yang tidak dimiliki lawanmu itu.

Kedua, seringlah melihat berapa jumlah kartu yang dimiliki pemain lain, karena belum tentu yang memegang 1 kartu akan menjadi pemenangnya. Maka usahakan pemain yang memiliki 1 kartu itu mengambil kartu lagi.

Yang terakhir adalah pertahankan kartu-kartu yang menguntungkan seperti kartu draw, entah itu draw two atau four. Karena kartu itu bisa menjadi tamengmu ketika pemain lain mengeluarkan kartu yang sama. Terutama kartu +4 ini berharga banget.

Kalau aku sih biasanya sisain kartu wild draw four buat kartu yang terakhir, karena pasti bakal menangnya kalau tinggal 1 kartu dan yang dimiliki adalah +4 ini.

Jadi begitulah cara bermain UNO yang asli beserta triknya biar menang, jadi jangan bingung lagi dan berdebat bagaimana cara bermain UNO yang benar padahal semuanya salah.

Namun jika kamu ingin memodifikasinya sendiri tidak masalah selama yang lain setuju-setuju aja dengan peraturannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *