Dari Gabut Sampai Ambigu, 7 Arti Kata Gaul Berikut Wajib Kamu Ketahui!

Seiring berkembangnya jaman, bahasa di dunia ini juga semakin berkembang. Ada banyak bahasa gaul bertebaran dimana-mana seperti gabut, baper, pap, lol, moodbooster, dan ambigu. Apa sih artinya?

Bagi sebagian orang yang baru mendengar kata-kata tadi, kata-kata itu pasti terdengar asing di telinga (yaiyalah namanya juga baru denger).

Bermula dari keasingan itu, timbul lah pertanyaan, kemudian dicarilah artinya di search engine browser kalian ehee… Iyakan? Bener kan?

Sama kok denganku. Misal ada temen bilang sesuatu nih yang aku gak ngerti artinya, mau tanya nanti pasti dibilang ketinggalan jaman lah, kudet lah (kurang update), gak gaul, terus dia bilang “Masa gitu aja gak tau?”.

Helloooo, gue yakin kok lu dulunya juga sama gak taunya. Tenang, bedanya cuma dia tau duluan aja entah dari mana, mungkin kasusnya sama, tanya temennya terus bukannya dijawab malah dikatain (upss..hehe..).

Malah keasikan curhat deh. Pasti kalian udah pada penasaran kan? Udah pada pengen cepet-cepet tau sebenernya apa perngertian dari gabut, baper, pap, lol, moodbooster, dan ambigu itu.

Nah, yuk langsung aja aku jelasin semua di sini selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya, biar puas!

Arti gabut

gambar anjing bosan dan tidur gabut bored
Photo by meredith hunter on Unsplash

Sebelum tau versi gaulnya, kalian harus tau dulu nih versi aslinya atau arti sesungguhnya, untuk pengetahuan juga. Jadi gabut itu sebenarnya adalah singkatan dari gaji buta.

Maksudnya adalah kata tersebut ditujukan kepada seseorang yang tidak melakukan sebagian atau seluruh pekerjaannya namun tetap menerima gaji. Biasanya mereka disebut magabut (makan gaji buta).

Salah satu contohnya adalah ketika seorang pekerja membolos atau tidak mengerjakan tugasnya dengan baik. Bisa juga dia magabut karena memebankan tugasnya kepada orang lain.

Nah, untuk arti gaulnya sendiri, gabut biasanya diucapkan ketika seseorang gak ada kerjaan, gampangnya lagi nganggur atau bosen deh. Entah dia lagi bad mood gak mau ngapa-ngapain atau emang lagi free.

Kata ini biasanya digunakan untuk memulai ajakan kepada seseorang untuk main atau ngobrol. Intinya minta ditemenin lah.

“Eh main yuk, gue gabut banget nih di rumah.”

Gabut juga bisa diartikan sebagai singkatan dari “Belaga Buta”, maksudnya adalah tidak tahu menahu tentang suatu hal. Tapi bukan gak tau beneran, melainkan hanya pura-pura aja.

“Katanya nanti dia mau gabung, gimana nih?”

“Udahlah gabut aja kita.”

Arti baper

gambar emot senyum marah sedih perasaan smile sad angry baper
Image by Gino Crescoli from Pixabay

Kalau kata yang satu ini, gak ada arti seriusnya. Benar-benar murni bahasa gaul. Baper adalah singkatan dari bawa perasaan. Umumnya hal ini dapat terjadi ketika seseorang menganggap hal sepele sebagai hal yang serius.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi baper. Misalnya dia sedang ada masalah dan sedang tidak bisa diajak bercanda, sedang bad mood, salah mengartikan ucapan orang, atau memang dia adalah tipe orang yang sensitif.

“Gue mau bilang sesuatu nih.”

“Apaan?  Langsung aja kalik.”

“Sesuatu.”

“Tauk dah.”

“Haha, bercanda doang, gak usah baper lah.”

Arti PAP

foto gambar orang tangan selfie
Photo by Mink Mingle on Unsplash

PAP adalah singkatan dari “Post a Picture” yang berarti kirim gambar. Kata ini digunakan ketika seseorang ingin meminta untuk dikirimkan foto, entah itu foto pribadi, foto pemandangan, foto produk, atau yang lainnya.

Tapi biasanya permintaan pap ini ditujukan untuk permintaan foto selfie, entah apa tujuannya saya juga gak paham. Bisa juga untuk meminta kiriman foto keadaan ditempat lawan bicaranya.

“Coba pap dong.”

“Pap apaan?”

“Panggung buat acara besok.”

Arti LOL

foto gambar orang tertawa di depan layar hp, lol, muslim
Photo by mentatdgt from Pexels

Kata LOL ini adalah akronim dari bahasa inggris yaitu “laugh of loud” yang artinya tertawa terbahak-bahak. Biasanya LOL digunakan dalam chatting ketika topik bahasan yang dibicarakan lucu.

“Kemaren temen gue minum terus gue kagetin minumnya muncrat semua.”

“Haha LOL”

LOL juga dapat berarti “Lots of Luck” yang artinya banyak beruntung. Maksudnya adalah semoga banyak beruntung. Konteks ini mungkin hampir sama maknanya dengan good luck.

“Eh besok lu ikut olimpiade ya, wah lol deh bro.”

Ada lagi nih, LOL juga bisa berarti “Lots of Love” yang berarti banyak cinta. Untuk yang satu ini, atau bahkan dengan arti LOL yang sebelumnya memang jarang sekali bahkan gak pernah ditemui dalam percakapan sehari-hari.

Mungkin contohnya begini.

“Indah banget pemandangannya, LOL.”

Iya gak sih? Menurutku sih kira-kira begitu lah ya hehe..

Arti japri

foto gambar orang memegang hp chat message japri pm sosial media
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Nah, untuk kata yang satu ini pasti kalian sering temui di online shop atau grup chat. Mereka menulis teks panjang kemudian diakhiri dengan “silahkan japri“. Jadi apa artinya japri?

Japri juga merupakan singkatan, berasal dari kata “Jaringan Pribadi” yang berarti kita diminta untuk langsung menghubungi orang yang mengirim pesan tersebut.

Jadi kalau ada pesan gini artinya kalian disuruh langsung chat aja gak usah basa basi lagi di grup atau kolom komentar misalnya.

Arti moodbooster

tulisan mood di atas embun
Photo by Caique Silva from Pexels

Sebelum tau artinya moodbooster, pahami dulu apa itu mood dan booster! Pasti tau dong kalau kedua kata itu berasal dari bahasa inggris?

Kita tinggal terjemahkan kedua katanya kemudian satukan. Mood berarti suana atau keadaan hati, dan booster adalah kata yang sering kita temui pada aplikasi pembersih hp yang artinya pendorong atau penggerak.

Nah, tinggal digabungin deh keduanya menjadi satu kesatuan yang kokoh dan tak bisa dipisahkan (eaaa..). Jadilah moodbooster yang berarti pendorong suasana hati.

Maksudnya adalah kata ini ditujukan untuk sesuatu yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, yang tadinya bad mood / gak punya semangat hidup, lesu, bete, males jadi kembali semangat lagi karena suatu hal.

Arti ambigu

foto gambar orang sedang membawa balon ambigu
Photo by Florencia Viadana on Unsplash

Banyak makna dari berbagai sumber yang menjelaskan tentang kata ambigu ini. Namun bila disimpulkan maksud dan intinya sama saja.

Ambigu yang bahasa seriusnya adalah ambiguitas atau ketaksaan informasi. Apa itu? Itu adalah keraguan atau kekaburan. Artinya baik itu adalah gambar, kata-kata, dan lainnya memiliki lebih dari satu penafsiran.

Ini berasal dari bahasa latin ‘ambiguus’ yang berarti bergerak dari sisi ke sisi yang tidak pasti, keadaan yang meragukan. Dan ambiguus berasal dari kata ‘ambigere’ yang berarti pergi ke tempat yang belum pasti, berjalan tampa arah, keragu-raguan.

Ya begitu lah ya pokoknya, pusing juga kan mikirnya kalau kebanyakan penjelasan. Jadi intinya ambigu itu adalah sesuatu yang gak jelas.

Gak jelas asal usulnya, gak jelas maksudnya, gak jelas arahnya, semua yang gak jelas deh. Ketidakjelasan atau makna yang bercabang ini sering terjadi ketika kita mengobrol dengan seseorang melalui chat.

Kenapa bisa sering terjadi saat chat? Alasannya ya karena kita gak bisa mendengar nada bicara ketika chat, yang berakibat teks chat ambigu. Atau bisa juga jawaban yang gak jelas arahnya kemana.

Contohnya giini.

“Pas liat itu kemaren kok aku jadi gimana gitu.”

Nah, orang kayak gini nih gak usah diajak main lagi! Dari teks pendek itu aja dia udah punya dua keambiguan, tau kan pasti yang mana? Yapp ‘itu’ dan ‘gimana gitu’. Maksudnya apa coba? Ngeselin kan? Makanya aku bilang orang kayak gitu gak usah diajak main lagi.

Okee selesai sudah pembahasan kita kali ini. Gimana? Udah paham kan sekarang apa arti dari semua kata di atas? Jangan salah tafsir lho, bisa bahaya untuk kebahagiaan kamu. Karena kalau tau kan jadi bahagia gak bingung lagi hehe (apa sih?).

Nanti dia ngomong maksudnya A malah kamu nangkepnya Z, jauh banget itu gak kuat udah ngos-ngosan jalannya haha. Gimana tanggapan kalian? Boleh lho kalau mau nambahin atau kasih contoh di kolom komentar, biar yang baca tulisan ini jadi lebih paham. Semoga bermanfaat^^

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *