Cara Cepat Ganti Password Gmail di HP dan PC, Gak Pake Ribet!
Photo by cottonbro from Pexels

Cara Cepat Ganti Password Gmail di HP dan PC, Gak Pake Ribet!

Mengganti password suatu akun memang terkadang diperlukan dengan alasan untuk menjaga keamanan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau karena lupa dengan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Banyak orang membuat password dengan karakter yang sedikit dan mudah ditebak ketika pertama kali membuat akun. Hal tersebut memang memudahkan kita dalam mengingatnya namun rentan juga terhadap pembobolan.

Maka dari itu mengganti sandi secara rutin sangat diperlukan, apalagi email merupakan inti dari segala data setiap akun yang kita miliki, karena untuk daftar suatu akun pasti memerlukan email bukan?

Dan lagi, cara ganti password email bukanlah sesuatu yang ribet dan memerlukan banyak waktu. Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan di PC atau HP Anda.

Untuk ganti kata sandi baru gmail sebenarnya cara yang digunakan hampir sama, baik itu pada HP android, iphone, ataupun komputer/laptop. Simak tutorial berikut ini.

Mengubah password untuk keamanan

Jika Anda hanya ingin mengubah sandi dengan alasan keamanan karena merasa ada yang telah membobol akun Anda atau karena password Anda terlalu mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut.

Syaratnya adalah Anda harus sudah masuk ke akun gmail Anda, atau lakukan login terlebih dahulu.

  1. Buka akun google email Anda (buka aplikasi gmail lalu klik “kelola akun google Anda”). cara ganti password di hp dan pc secara berkala, kelola akun googlecara ganti password di hp dan pc secara berkala, kelola akun google
  2. Buka menu “keamanan”, kemudian pilih “sandi” di bagian “login ke google”.cara ganti password di hp dan pc secara berkala, menu keamanan akun gmailcara ganti password di hp dan pc secara berkala, menu keamanan akun gmail
  3. Setelah itu Anda perlu memasukkan password lama Anda untuk memverifikasi bahwa itu memang Anda. Namun jika lupa Anda dapat memilih “lupa sandi”. cara ganti password di hp dan pc secara berkala, memasukkan password gmail baru
  4. Masukkan sandi baru lalu tap “ubah sandi”. cara ganti password di hp dan pc secara berkala, ubah sandi
  5. Password Anda sudah berubah!

Pada iphone dan ipad cara yang digunakan sedikit berbeda:

  1. Cara pertama sama (buka akun gmail Anda).
  2. Pada bagian atas, tap “info pribadi”.
  3. Kemudian pada profil, tap “sandi”.
  4. Masukkan sandi baru lalu pilih “ubah sandi”.

Bagaimana jika lupa sandi dan tidak ada satupun perangkat yang telah masuk?

Parah sih kalau ini. Setidaknya Anda harus sudah menautkan nomor handphone atau alamat email pemulihan ke akun gmail yang lupa password tadi.

Kalau tidak, mungkin akun Anda masih bisa diselamatkan, namun kemungkinannya sangat kecil. Tapi gak ada salahnya juga sih buat coba cara ini.

  1. Masukkan alamat email Anda. cara ganti password gmail yang lupa, masuk ke alamat email
  2. Klik “lupa password?” pada halaman login. cara ganti password gmail yang lupa, klik lupa password
  3. Masukkan sandi terakhir yang Anda ingat. cara ganti password gmail yang lupa, memasukkan sandi terakhir yang diingat
  4. Ketikkan email alternatif yang telah Anda atur pada akun gmail tersebut atau pilih “coba cara lain”. cara ganti password gmail yang lupa, memasukkan email pemulihan

Jika Anda lupa password dan tidak menautkan nomor HP atau alamat email alternatif serta tidak ada satu pun perangkat yang sudah login, coba gunakan perangkat yang Anda gunakan untuk memdaftar email itu untuk melakukan cara di atas. Saya pernah mencobanya, tapi gagal.

Tapi itu merupakan satu-satunya cara untuk mengembalikan akun gmail Anda. Siapa tau jejaknya masih tersimpan pada perangkat yang digunakan untuk mendaftar itu.

Apakah kita bisa melihat password gmail sendiri?

Jawabannya adalah bisa, namun hanya jika Anda telah menyimpan sandi Anda pada browser (sudah menautkan akun gmail pada browser).

Di sini saya menggunakan google chrome:

  1. Buka aplikasi Chrome.
  2. Klik titik 3 di kanan atas lalu pilih “setelan”. cara melihat password gmail sendiri di browser google chrome
  3. Kemudian tap “sandi”. cara melihat password gmail sendiri di browser google chrome
  4. Di sana akan terlihat password gmail Anda jika Anda telah menyimpannya. cara melihat password gmail sendiri di browser google chrome

Tips membuat password

Sebagai tambahan, berikut ini saya beri beberapa tips dalam membuat sandi sebuah akun supaya akun Anda tidak mudah dibobol namun tetap mudah bagi Anda untuk menghafalnya.

  1. Buatlah sandi dengan sebuah kata atau kalimat yang panjang, mungkin nama tempat favorit Anda atau hewan peliharaan Anda.
  2. Buat dengan karakter yang beragam, seperti huruf kapital, simbol-simbol, dan angka. Semakin beragam semakin bagus.
  3. Nah, supaya mudah dihafalkan, satukan kedua poin di atas. Anda dapat membuat password dengan kata yang familiar bagi Anda kemudian ganti beberapa huruf dengan angka dan simbol. Contoh: koT41tulu(u, Ap4l491y4?. Mirip bahasa alay ya?
  4. Anda dapat menggunakan password tersebut di beberapa akun Anda untuk memudahkan Anda dalam mengingat. Tapi resikonya kalau satu akun kena, bisa jadi yang lain juga ikutan. Maka dari itu buatlah sandi sesulit mungkin.

Begitulah cara mengganti password untuk akun gmail Anda dan sedikit tips dari saya, semuga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba. 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply