9+ Aplikasi Edit Video Terbaik Gratis untuk PC dan Android/iOS
Image by TheArkow from Pixabay

9+ Aplikasi Edit Video Terbaik Gratis untuk PC dan Android/iOS

Dulu waktu saya belum tau tentang cara membuat dan mengedit video, lihat orang lain bisa bikin video kumpulan foto gitu aja saya mikirnya kok keren banget sih.

Ternyata setelah tau buatnya segampang itu lho! Apalagi sekarang udah banyak aplikasi edit video gratis yang simpel dan mudah digunakan baik di PC maupun android atau apple.

Jangankan menyatukan foto-foto, mengedit video seperti youtuber atau membuat film layar lebar saja bisa menggunakan salah satu aplikasi edit video terbaik ini.

Oh iya, tenang aja, aplikasi yang akan saya rekomendasikan nanti gratis dan bisa digunakan saat offline. Tapi walaupun gratis, aplikasi ini bisa menghasilkan video kece tanpa watermark yang mengganggu kok.

Aplikasi edit video untuk PC

Mengedit video menggunakan PC atau laptop memang lebih nyaman menurut sebagian orang daripada menggunakan smartphone dengan layar yang cenderung kecil.

Mengedit dengan laptop atau PC juga lebih cocok untuk video yang panjang dan cukup rumit seperti film atau video youtube berdurasi panjang.

Untuk itu bagi Anda yang lebih suka menggunakan PC bisa mencoba beberapa aplikasi editing video terbaik berikut.

1. Adobe Premiere Pro

aplikasi edit video terbaik pc adobe premiere pro cc 2013
Image by www.techradar.com

Aplikasi edit video yang pertama ini pasti sudah sangat familiar bukan? Premiere ini merupakan aplikasi favorit saya untuk mengedit video. Fiturnya yang lengkap membuat penggunanya bisa bebas berekspresi di sana.

Anda dapat membuat video model apapun yang Anda inginkan. Mau bikin film pendek, video dekumentasi, vlog, cover video, video jedag jedug, sampai bikin film layar lebar pun bisa banget pakai ini.

Pilihan format, kualitas, dan ukuran video juga sangat lengkap di sini. Jadi Anda tak perlu khawatir akan kualitas render yang tidak sesuai.

Sayangnya, cara menggunakan software satu ini bisa dibilang cukup rumit untuk pemula, karena Adobe memang merupakan aplikasi yang biasa digunakan oleh para profesional.

Proses rendering juga terbilang memakan waktu cukup lama, dan ukuran file aplikasi untuk versi terbarunya juga besar sehingga tidak bisa digunakan pada laptop dengan spesifikasi yang rendah.

2. Pinnacle Studio

aplikasi edit video terbaik pc pinnacle studio 21 ultimate
Image by www.pcworld.com

Selain Adobe, ada juga aplikasi pengedit video terbaik dengan user interface yang lebih mudah dan lebih ringan yaitu Pinnacle Studio.

Menariknya Pinnacle Studio memiliki fitur screen recording yang bisa digunakan untuk merekam layar pada PC atau laptop Anda. Cocok banget untuk youtuber yang ingin merekam saat bermain game atau membuat tutorial.

Aplikasi ini juga mempunyai 1.500 lebih efek dan template yang disediakan untuk memudahkan dalam proses penyuntingan video.

Namun fitur gratisnya (trial) terbatas, jadi Anda harus membayar dengan biaya tertentu untuk bisa menikmati semua fitur yang diberikan.

3. AVS Video Editor

aplikasi edit video terbaik pc avs video editor 9.4.4.375
Image by www.videohelp.com

Selanjutnya, aplikasi edit video yang tidak kalah bagusnya ada AVS Video Editor yang memiliki ukuran file cukup kecil sehingga ringan digunakan pada laptop dengan spek rendah sekalipun.

User interface yang digunakan juga sangat sederhana sehingga cocok untuk para pemula. Walaupun begitu, fitur yang dihadirkan tak kalah lengkap dengan para kompetitornya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh software ini adalah adanya video cache sehingga proses pengeditan video Full HD dapat dilakukan dengan lancar dan cepat.

AVS Video Editor juga menawarkan opsi timeline yang dapat memisahkan antara video, audio, teks, dan efek yang dapat memudahkan Anda dalam mengedit.

4. Vegas Pro

aplikasi edit video terbaik pc magix vegas pro
Image by bedroomproducersblog.com

Vegas pro merupakan software yang menurut saya 11 12 dengan Adobe Premiere karena sama-sama diperuntukkan bagi para profesional dengan user interface dan desain logo yang mirip.

Fitur yang disediakan juga sangat lengkap layaknya software profesional pada umumnya. Style edit video apapun bisa Anda aplikasikan di sini.

Anda dapat mencoba dan membandingkannya dengan premiere kemudian memilih mana yang lebih nyaman untuk Anda.

5. Lightworks

aplikasi edit video terbaik pc lightworks
image by www.film-tv-video.de

Satu lagi editor video terbaik yang saya rekomendasikan adalah lightworks. Aplikasi ini sudah diuji oleh para profesional lho, dan sudah banyak digunakan dalam pembuatan film hollywood.

Software ini dapat digunakan pada windows, Mac maupun linux serta mampu melakukan sync clip, sinkronisasi multi chanel, antarmuka dengan obyek, varispeed pemutaran, dan lain sebagainya.

Format yang didukung oleh aplikasi ini juga lengkap mulai dari SD, HD, 2K, hingga 4K.

Lightworks memiliki versi gratis, namun di versi free-nya hanya mampu mengekspor video dengan format MPEG-4 pada resolusi maksimal 720p.

Sepertinya ini juga merupakan saingan beratnya Adobe Premiere Pro karena memiliki versi gratis yang sudah sangat lengkap.

Aplikasi edit video untuk HP android dan iphone

Dari pada PC atau laptop, menggunakan handphone memang lebih praktis untuk melakukan banyak hal termasuk dalam mengedit video.

Pada HP biasanya aplikasi dibuat lebih simpel dan mudah digunakan dengan cepat. Jadi untuk video berdurasi pendek seperti video instagram atau video vlog saja sudah cukup diedit dengan aplikasi edit video pada ponsel.

Inilah beberapa aplikasi edit video terbaik di android dan iphone yang bisa Anda coba sesuai dengan kebutuhkan Anda.

1. KineMaster

aplikasi edit video terbaik gratis android ios kinemaster

Aplikasi pertama untuk edit video yang dapat Anda coba adalah KineMaster. Aplikasi ini cenderung disukai oleh sebagian orang karena fiturnya yang beragam.

Fitur yang disediakan meliputi: penambahan efek, pengaturan warna dan cahaya, transisi, filter audio, stiker lucu, dan masih banyak lagi.

Uniknya lagi, selain dapat mengedit video, Anda juga bisa membuat video animasi pada aplikasi ini seperti yang biasa dilakukan pada Adobe After Effect meskipun fitur yang disediakan tak selengkap itu.

2. InShot

aplikasi edit video terbaik gratis android ios inshot

Salah satu keunggulan dari InShot adalah fitur background videonya yang dapat Anda gunakan untuk menambah kesan bingkai pada video Anda.

Anda dapat menambahkan latar belakang blur dari video itu sendiri, memasukkan foto lain, atau membuat background warna gradien maupun polos.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan musik dan memberikan filter efek pada video Anda supaya lebih menarik.

Suara dalam video Anda juga bisa diatur lho volumenya, jadi Anda tak perlu khawatir jika audio yang dihasilkan dari satu video dan video lainnya memiliki volume yang berbeda.

3. CapCut

aplikasi edit video terbaik gratis android ios capcut

Jika Anda ingin aplikasi edit video jedag jedug yang simpel dan mudah digunakan, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi CapCut ini.

Karena pada CapCut telah tersedia berbagai macam efek video dan audio yang sangat mendukung proses penyuntingan video Anda.

Efek yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari efek transisi, audio, serta filter untuk menunjang hasil video Anda.

4. VN

aplikasi edit video terbaik gratis android ios vn video editor

Anda ingin mengedit menggunakan android atau iOS namun tak ingin kehilangan fitur editing profesional yang ada pada aplikasi PC? VN Video Editor adalah pilihan yang tepat.

Ada beragam fitur profesional yang disajikan oleh aplikasi ini seperti: multi-layer timeline, curve speed, keyframe animation, mask, dan green screen/chroma key. Keren banget kan?

Jadi jika Anda ingin mengedit video dengan level yang lebih tinggi dan tidak terlalu kompleks namun enggan menggunakan PC, aplikasi ini bisa menjadi solusi terbaik.

5. Quik

aplikasi edit video terbaik gratis android ios quik

Sesuai dengan namanya (Quik = quick), aplikasi ini sangat simpel dan gak pakai ribet sehingga Anda dapat mengedit dengan sangat cepat.

Jadi cocok banget bagi para pemula atau Anda yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan berbagai proses pengeditan.

Tinggal pilih foto atau video yang ingin Anda edit, kemudian Quik akan memberikan sentuhan ajaib dengan fitur smart cuts-nya.

Itulah beberapa aplikasi edit video terbaik di PC/laptop maupun HP yang dapat digunakan untuk membuat video keren Anda.

Anda dapat mencobanya sesuai kebutuhan Anda karena setiap aplikasi memiliki keunggulannya tersendiri. Pilihlah yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Semoga bermanfaat. 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply