Ini Adalah Arti Noob yang Sebenarnya, Kamu Harus Tau!

Berbicara soal bahasa memang tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak sekali bahasa di dunia ini, mulai dari bahasa formal, sehari-hari, hingga bahasa gaul.

Kebanyakan bahasa gaul adalah bahasa yang diciptakan sendiri dan tidak akan muncul dalam pencarian di kamus. Termasuk dalam sebuah game. Ada banyak istilah-istilah asing yang tidak kita mengerti hingga kita memainkan sebuah game.

Seperti kata noob yang akan kita bahas kali ini. Apa sih arti dari noob itu? Ada banyak sekali versi dari pengertian noob. Banyak orang berpikir bahwa noob berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu newbie.

Namun taukah kalian bahwa noob dan newbie itu berbeda? Lalu bagaimana cara agar kita gak dikatain noob lagi? Semua akan saya bahas disini.

Arti noob

tulisan bubble chat game noob

Noob adalah kata yang sering kali diucapkan oleh para gamers, terutama pada game-game online dengan pemain multiplayer seperti Mobile Legend, PUBG, dan sebagainya.

Noob biasa ditujukan bagi pemain yang bodoh, payah atau lemah dalam bermain. Entah dia payah dalam skill atau pengetahuannya dalam game tersebut.

Kata ini juga bisa ditujukan kepada pemain yang menjengkelkan, banyak memakai chat dengan kata-kata gak penting, bikin masalah di game, merusak tim, dan lain sebagainya.

Pemain yang sering kali ngata-ngatain pemain lainnya dalam satu tim, tanpa memikirkan perasaan orang lain juga termasuk pemain yang noob.

Pokoknya noob itu sebutan bagi orang yang mainnya gak bener dan merugikan orang lain. Entah dia pemain baru atau sudah berada pada tingkat atas. Intinya mereka yang mainnya asal-asalan dan gak memikirkan pemain lain.

Oh iya, pemain yang menggunakan cheat yang merugikan pemain lain juga termasuk dalam kategori noob, karena dia membuat permainan berjalan dengan tidak fair.

Apa bedanya dengan newbie?

tulisan newbies, pemula
Images by kappahl.com

Seperti yang kita ketahui bahwa newbie adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti pemula. Pada kasus ini, pemain memang benar-benar pemula dalam bermain suatu game.

Dia memang baru belajar dan memulai suatu game. Perbedaan yang paling mencolok adalah seorang newbie akan belajar untuk memperbaiki permainannya agar menjadi lebih baik, dan dia bisa menjadi pemain andal kedepannya.

Sedangkan seorang noob gak pernah serius dalam bermain, mainnya asal-asalan, dan memang tak ada niat untuk bermain dengan baik.

Semua pemain bisa dikatakan noob, baik itu pendatang baru maupun udah jadi sesepuh. Namun hanya pemain baru yang dapat dikatakan sebagai newbie.

Gimana caranya agar gak dikatain noob?

foto gambar orang bermain game playstation
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Ada banyak tipe manusia di bumi ini, tak semua orang paham bagaimana menjaga perasaan orang lain. Tak semua orang juga paham tentang arti noob yang sebenarnya.

Nah, untuk menghindari dari perkataan noob itu sendiri, kalian dapat melakukan beberapa hal ini :

  1. Teruslah berusaha untuk menjadi lebih baik.
  2. Belajar dari pemain lain yang lebih berpengalaman.
  3. Jangan hiraukan orang lain yang mengatakan bahwa kamu noob! Karena sungguhnya dia yang noob.
  4. Jika kalian bermain game seperti MLBB, kuasai paling tidak satu hero, selalu lihat map untuk mengetahui dimana musuh berada, dan jangan lupa untuk mengupgrade emblem yang ada.
  5. Belajarlah dari kesalahan yang pernah kalian, teman satu tim, maupun musuh lakukan. Jangan mengulanginya lagi!
  6. Buka berbagai tutorial bermain dari berbagai sumber, itu akan sangat membantu.
  7. Jangan pernah bermain sendiri jika kalian masih pemain baru. Bermainlah bersama teman yang lebih andal agar kamu juga bisa belajar darinya. Jika kita main sendiri dan masih belum mengerti tentang game tersebut, kita akan mendapat teman satu tim dengan orang tak dikenal. Alhasil kita akan merugikan teman satu tim kita yang berimbas pada ejekan noob.

Itulah beberapa penjelasan tentang noob yang dapat saya sampaikan. Sudah paham kan apa itu noob yang sebenarnya?

Saran saya, jangan mudah mengolok-olok orang karena kita tak tahu apa yang dirasakannya. Ajari para newbies biar andal seperti kalian, jangan malah dikatain “noob”, sakitnya tuh disini.. wkwk :v

Tetaplah jaga etika walaupun itu hanya di dalam game.

Semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat. Bagaimana menurut kalian? Coba tulis dikolom komentar ya.. Terimakasih^^

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *