Begini Role serta Cara Main Werewolf Real dan Werewolf Game Hago Lengkap!

Werewolf adalah sosok legenda yang dikenal sebagai manusia setengah serigala.

Pada pagi hingga sore hari ia terlihat seperti manusia pada umumnya, namun ketika malam purnama tiba tubuhnya berubah menjadi serigala dan kekuatannya bertambah.

Dijaman sekarang ini, werewolf dijadikan sebagai permainan. Cara main yang seru, menegangkan, dan mengasah otak serta kemampuan berbicara kita, membuat permainan ini banyak digemari.

Bagaimana tidak, kita diharuskan meyakinkan semua pemain bahwa apa yang kita katakan adalah yang sebenarnya.

Segi mengasah otaknya adalah dimana kita harus mengatur strategi supaya bisa menang dari tim lawan tanpa tau mana lawan mana kawan.

Ada banyak versi bermain werewolf, mulai dari yang simpel hingga yang membutuhkan banyak pemain karena terdapat berbagai macam peran di dalamnya.

Ada berbagai macam media juga yang dapat digunakan untuk memainkan permainan ini.

Bisa dimainkan secara online seperti aplikasi hago atau bermain bersama teman di grup telegram, ada juga yang real yaitu menggunakan kartu.

Dipermainan real, ada kartu khusus yang dapat digunakan. Namun jika tidak punya, tidak usah bersedih, karena bisa memakai kartu lain seperti kartu remi atau pun kartu buatan dari kertas yang kalian tulis dan gambar sendiri.

Role dalam permainan

kartu permainan werewolf hitam kartun role
Photo by kickstarter.com

Dalam permainan werewolf ini dibutuhkan 8-35 pemain, dimana salah satu dari mereka harus menjadi moderator.

Peran moderator ini adalah yang paling penting dalam permainan. Fungsinya untuk mengatur jalannya permainan secara keseluruhan.

Mulai dari permulaan permainan, mengatur lamanya siang dan malam, hingga memutuskan siapa yang menjadi pemenang. Dia adalah golongan netral yang tidak memihak.

Permainan sederhana

Dalam permainan werewolf sederhana biasanya hanya terdapat beberapa role pemain. Permainan sederhana ini digunakan apabila pemain hanya berjumlah sedikit, tak sampai 10 misalnya.

Berikut adalah role dalam permainan werewolf sederhana :

  1. Villager = Warga biasa yang tak mempunyai kemampuan apapun. Ia hanya bisa menebak disiang harinya siapa yang merupakan werewolf dan pasrah ketika malam hari.
  2. Guardian angel = Ini adalah malaikat pelindung. Ia memiliki tugas yang penting yaitu melindungi warga ketika malam hari agar tidak dibunuh oleh werewolf. Namun ia hanya bisa melindungi 1 orang pada malam hari.
  3. Seer = Peran yang sangat spesial dalam permainan werewolf. Dia adalah seorang penerawang yang dapat mengetahui role pemain lain. Ia dapat menunjuk 1 pemain untuk mengetahui role mereka ketika malam tiba.
  4. Werewolf = Dia adalah sang werewolf yang siap memburumu ketika malam tiba. Dia akan menunjuk 1 pemain yang ingin di bunuh saat malam, dan siangnya ia akan terbunuh jika tidak dijaga oleh guardian angel. Biasanya terdapat 2-3 werewolf dalam permainan sederhana ini.

Permainan werewolf sederhana ini diaplikasikan juga pada game hago yang terdapat dismartphone kalian. Namun dihago tidak ada moderator didalamnya, karena moderator adalah komputer.

Pada hago juga hanya terdapat 2 pilihan yaitu 7 pemain atau 9 pemain. Namun, pada werewolf 9 pemain, peran penjaga (guardian angel) hilang dan berganti menjadi penyihir (witch), dan pemburu (hunter).

Kemampuan witch adalah dapat melihat siapa yang akan dibunuh oleh werewolf pada malam hari. Ia juga memiliki mantra dan racun.

Mantra untuk menyelamatkan orang yang akan dibunuh, dan racun untuk membunuh yang dicurigai sebagai werewolf. Namun, mantra dan racun ini hanya dapat digunakan sekali.

Sedangkan hunter dapat membunuh siapapun ketika ia mati dibunuh werewolf atau mati karena vote.

Permainan lengkap

Pada permainan ini biasanya terdiri dari pemain yang banyak, bisa lebih dari 10 orang agar permainan berjalan dengan lebih seru. Berikut adalah role tambahan dari yang sederhana.

  1. Tim villager
    • Villager
    • Guardian angel
    • Seer
    • Drunk = Orang yang mabuk, werewolf yang memakannya harus puasa satu hari untuk makan orang. Ia dapat makan pemain lain lagi di malam berikutnya.
    • Prince = Dia tidak bisa mati saat voting untuk digantung saat siang hari. Namun, jika ada voting yang kedua kali dia tetap bisa mati.
    • Mason = Perkumpulan rahasia antar warga biasa. Mereka bisa mengetahui anggotanya satu sama lain seperti werewolf.
    • Kepala desa / mayor = Warga desa yang akan dihitung double saat melakukan vote disiang hari.
    • Priest = Ia memiliki kesempatan 1 kali untuk menyelamatkan warga desa yang ingin digantung.
    • Apprentice seer = Murid penerawang. Ia akan menjadi penerawang berikutnya ketika seer mati.
    • Spellcaster = Dia memiliki keahlian khusus untuk membungkam 1 orang ketika malam hari. 1 Pemain yang dibungkam tidak boleh berbicara apapun saat siang tiba.
    • Beholder = Juru bicara / tumbal seer.
    • Detective = Role ini sama seperti seer, namun roleny kemungkinan ketahuan ketika ia menyelediki werewolf
    • Harlot = Sang pemain cinta. Ia dapat mendatangi setiap rumah warga pada malam hari untuk kencan. Bila siangnya dia masih hidup berarti warga yang didatangi tidak berbahaya.
    • Traitor = Sang penghianat. Ketika semua werewolf sudah mati, ia akan berubah menjadi werewolf jika masih hidup.
    • Cursed = Warga yang terkutuk, jika werewolf memakannya ia tidak mati melainkan ikut menjadi werewolf.
    • Wild Child = Pada awal permainan dia harus memilih 1 pemain untuk menjadi panutannya. Bila panutannya mati maka ia berubah menjadi werewolf.
    • Doctor = Hampir sama dengan guardian, namun ia mengobati bukan menjaga. Bedanya dokter juga bisa membuat pemain mati overdosis jika salah mengobatinya sebanyak 2 kali.
    • Doppelganger = Sang pewaris peran. Diawal permainan ia memilih 1 pemain untuk diambil perannya ketika pemain itu mati.
    • Gunner = Sang penembak jitu. Ia memiliki 2 peluru di pistolnya, dan bisa menembak siapa saja, tapi ketika ia menembak, semua akan tau perannya.
    • Hunter = Pemburu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ia akan menembak ketika ia mati.
    • Cupid = Sang panah asmara. Ia yang menjodohkan 2 pemain menjadi sepasang kekasih. Jika sudah menjadi sepasang kekasih mereka akan saling ketergantungan. Jika yang satu mati maka yang satunya juga ikut mati.
    • Cultist Hunter = Pembasmi cultist (orang sesat). Setiap malam ia mendatangi rumah warga yang ia curigai sebagai cultist. Jika benar maka si cultist akan mati.
  2. Tim werewolf
    • Werewolf
    • Sorcerer = Dia adalah penyihir jahat, berkomplot dengan werewolf. Ia bertugas mencari seer yang asli pada malam hari.
  3. Tim cultist
    • Cultist = Pemuja kerang ajaib, para orang sesat. Tiap malam ia mendatangi rumah warga untuk direkrut menjadi anggotanya. Bila diakhir permainan semua pemain sudah menjadi anggotanya maka tim cultist menang.
  4. Tim tanner
    • Tanner = Si pembuat onar. Warga yang ketika ia dibakar ia akan menang karena tujuannya untuk membuat onar tercapai.
  5. Tim serial killer
    • Serial killer = Si pembunuh berantai. Dapat membunuh siapa saja tanpa pandang bulu. Ia hanya akan menang jika dapat bertahan hidup hingga akhir permainan.

Ini adalah role dari permainan yang lengkap. Semua pemain akan mendapatkan role melalui kartu. Tak harus memakai semua kartu untuk memainkannya.

Dan yang menentukan role apa saja yang akan digunakan adalah sang moderator. Hanya dia yang tau semua peran dari tiap pemain.

Cara bermain

cara bermain werewolf play kartun
Photo by wikihow.com

Untuk tata cara main werewolf ini baik permainan sederhana maupun yang lengkap inti alurnya hampir sama.

Yang membedakan hanya tambahan dari tugas masing-masing role yang belum ada pada permainan sederhana.

Di sini saya akan beri contoh pada permainan yang dimainkan 8 orang dengan 1 moderator, 2 werewolf, 1 guardian angel, 1 seer, dan 3 villager.

Cara membagikan role pemain ini adalah dengan membagikan kartu dengan cara terbalik. Pemain tidak boleh memperlihatkan kartu mereka kepada pemain lain. Hanya dia dan moderator saja yang boleh tau.

Ketika semua kartu sudah terbagi, moderator menyuruh semua pemain menutup matanya dan secara bergilir membuka mata untuk laporan peran apa yang dia dapat. Setelah laporan selesai permainan pun dimulai.

Permainan dimulai pada malam hari. Moderator meminta semua pemain untuk menutup mata, kemudian menyuruh werewolf untuk memilih siapa yang ingin dibunuh.

“Malam telah tiba, semua warga tertidur.”

“Werewolf silahkan buka mata, pilih siapa yang ingin dibunuh.”

Setelah rembukan para werewolf selesai dan sudah terpilih siapa yang ingin dibunuh, moderator akan menyuruh werewolf untuk tutup mata lagi.

Lalu menyuruh para pemeran penting lain untuk memainkan perannya seperti seer dan guardian angel.

“Seer buka mata, pilih siapa yang ingin diterawang.”

(Kemudian beri kode jari membentuk ‘W’ untuk werewolf dan isyarat tidak untuk bukan werewolf.)

“Tutup mata kembali.”

“Guardian buka mata, pilih siapa yang ingin dilindungi.”

(Ini yang akan terlindung, jika werewolf membunuhnya dia tidak akan mati malam itu.)

“Guardian silahkan tutup mata kembali.”

Setelah semua role yang memiliki kemampuan pada malam hari sudah menggunakan kekuatannya, bergantilah hari menjadi siang untuk berdiskusi siapa werewolfnya.

“Matahari telah terbit, semua terbangun dari tidurnya.”

Jika guardian tidak berhasil melindungi pemain yang dipilih werewolf pada malam hari untuk dibunuh, maka siangnya dia mati dan keluar dari permainan dengan memperlihatkan kartunya pada pemain lain.

“Tadi malam guardian tidak berhasil melindungi warga, dan (nama pemain yang dibunuh) telah mati dibunuh oleh werewolf.”

Namun, jika guardian berhasil menjaga pemain yang ingin dibunuh maka pada siang hari desa tetap damai tanpa ada yang mati.

“Hari yang damai, tidak ada yang terbunuh tadi malam.”

Setelah itu, waktunya untuk semua pemain berembuk siapa yang akan digantung hari itu. Namun pada hari pertama jika belum ada yang bisa dicurigai sebagai werewolf, hukuman gantung bisa digugurkan. Ini hanya berlaku pada malam pertama.

Moderator akan memberikan waktu untuk berdiskusi. Jika sudah, mulailah vote yang ingin digantung dengan masing-masing pemain menunjuk 1 pemain lain yang ingin dia gantung.

Pemain yang mendapat vote paling banyak maka dia akan digantung dan keluar dari permainan, kemudian menunjukkan peran apa yang dia dapat.

Jika ada lebih dari 1 pemain dengan vote terbanyak maka selanjutnya mereka akan melakukan pembelaan. Setelah pembelaan selesai vote akan diulang, tapi pemain yang mendapat vote terbanyak tadi tidak boleh ikut vote lagi.

Setelah selesai dan didapat 1 orang yang digantung kemudian hari kembali menjadi malam. Alurnya sama seperti diawal, werewolf, seer, dan guardian beraksi dengan tugasnya masing-masing.

Diakhir permainan jika semua werewolf telah tergantung maka tim baik (seer, guardian, warga) menang. Namun jika jumlah werewolf sudah lebih banyak atau setara dengan tim baik, maka tim jahat menang.

Begitulah cara main werewolf real yang mengasyikkan. Pada dasarnya berapapun role yang dipakai cara yang diterapkan tetap sama, perhatikan saja apa fungsi dari masing-masing role. Selamat bermain!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *