Inilah Doa Agar Panjang Umur, Sehat Selalu, dan Diperluas Rezekinya serta Husnul Khotimah

Saya yakin semua orang pasti menginginkan umur yang panjang, selalu sehat, dan lancar rezekinya. Memang kita semua tau bahwa semua tadi sudah diatur oleh Allah swt.

Namun kita sebagai hambanya yang bertakwa, tak ada salahnya bila selalu memanjatkan doa untuk meminta kepada Allah swt. yang menciptakan kita.

Tak hanya untuk diri sendiri, ada kalanya kita juga harus mendoakan orang lain, untuk teman, orang tua atau guru kita misalnya. Karena doa yang kita panjatkan untuk orang lain juga dapat berdampak baik pada diri kita.

Namun, seraya berdoa kita juga harus mengimbanginya dengan mengisi sisa hidup kita dengan kegiatan yang positif supaya hidup kita bermanfaat, dan tidak menyesal saat ajal telah menjemput.

Berikut adalah doa yang dapat diamalkan jika kita ingin panjang umur, diberi kesehatan serta rejeki yang luas. Saya sajikan doa ini dengan tulisan arab dan latin beserta arti supaya mudah untuk dipahami dan dihafalkan.

Doa lengkap (panjang umur, sehat, ketetapan iman, memperbaiki amalan, dan murah rezeki)

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa tsabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhihawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya : “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami pada agama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Amalkan doa ini setiap hari, bisa setelah sholat fardhu atau shalat sunah seperti sholat dhuha / tahajud.

Insyaallah Allah akan mendengar doa kita sehingga kita dekat dengan kebaikan serta jauh dari kejahatan.

Doa supaya husnul khotimah

Selain meminta agar panjang umur, ada baiknya kita juga meminta agar meninggal dengan keadaan khusnul khotimah.

Karena selain panjang umur, husnul khotimah juga merupakan keadaan terbaik yang diidam-idamkan semua orang.

Supaya kita tenang saat dialam kubur nanti, amalkan doa berikut.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rohmatan ‘indal mauti, wa magfirotan ba’dal mauti.
Artinya : “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan / kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat diwaktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Doa ini juga dapat diamalkan sesudah sholat setelah membaca doa sebelumnya. Usahakan istiqomah dalam membaca doa karena kita tak pernah tau doa mana yang akan diijabah oleh Allah swt.

Demikian doa untuk kebaikan kehidupan kita, semoga Allah selalu mendekatkan kita pada kebaikan dan menjauhkan kita dari keburukan.

Serta dengan umur yang panjang kita dapat terus mendekatkan diri kepada Allah, semakin rajin beribadah, dan taat kepada-Nya. Aamiin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *