Doa Cepat Kaya dan Rezeki Lancar

Ada banyak cara agar kita bisa cepat kaya dan rezeki lancar. Dari banyaknya cara itu pastinya ada yang halal dan ada juga yang haram.

Kita sebagai umat muslim yang bertakwa diharuskan untuk selalu menaati perintah-Nya yaitu memilih cara yang halal dan baik dalam mencapai suatu hal.

Selain berusaha dengan sungguh-sungguh, kita juga harus berdoa agar keinginan supaya cepat kaya lebih mudah tercapai. Karena usaha tanpa doa itu sombong, begitupun doa tanpa usaha juga sama saja bohong.

Kedua aktifitas itu harus dilakukan beriringan, saling melengkapi. Pada artikel saya yang lalu telah dibahas bagaimana cara supaya cepat kaya, lalu bagaimana doanya?

Berikut beberapa doa yang dapat diamalkan.

Doa Nabi Sulaiman

orang sedang berdoa sesudah sholat
Photo by doaharianislami.com

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. (Shaad : 35)

Doa di atas adalah doa yang Nabi Sulaiman amalkan setiap hari untuk kesejahteraan hidup. Seperti yang kita tau bahwa Nabi Sulaiman memiliki kekayaan yang berlimpah ruah.

Amalkan doa ini setiap hari, bisa sehabis sholat fardhu atau shalat yang lain. Insyaallah rezeki kita dilancarkan oleh Allah swt. namun jangan lupa untuk tetap iringi doa dengan usaha.

Kemudian, Nabi Sulaiman juga membaca doa ini untuk mengucap syukur atas apa yang telah Allah swt. berikan kepadanya.

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (An Naml : 19)

Membaca surat Al Waqiah

foto al quran dengan tasbih diatasnya doa surat
Image by Pexels from Pixabay

Surat al waqiah ini memiliki fadhilah yang sangat luar biasa. Dan diantara banyaknya fadhilah surat ini, yang terbanyak adalah tentang kekayaan.

Surat al waqiah dapat dibaca setelah sholat asar atau subuh, yang mana jika kita mengamalkannya secara rutin insyaallah rezeki kita akan dilancarkan dan dijauhkan dari kefakiran.

Seperti yang dijelaskan pada hadist berikut ini.

Dilansir dari pernyataan Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa jika kita membaca surat al waqiah secara rutin dan istiqomah, niscaya kita akan dijauhkan dan tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya. Masya Allah…

Sholat Dhuha

orang sedang melaksanakan sholat didepan masjid dan matahari terbit atau terbenam siluet
Photo by dream.co.id

Ini adalah amalan yang sangat luar biasa. Dalam doa shalat dhuha sendiri sudah jelas bahwa kita meminta rezeki dari Allah swt. Jika kita senantiasa melakukan sholat dhuha setiap pagi hari maka Allah akan selalu mencukupkan rezeki kita.

Dari Abu Darda Radhiallahu ‘anhu ujarnya, Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman:

يَابْنَ آدَمَ ، صَلِّ لِي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ .

“Wahai anak Adam, shalatlah 4 rakaat untuk-Ku pada waktu Dhuha, maka Aku akan memberikan jaminan yang cukup kepadamu sampai akhir hari itu.”

(HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Abu Nu’aim, Al-Haitsami. Ahmad meriwayatkan hadits ini dengan rawi-rawi kepercayaan. Tetapi At-Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan)

Kemudian berikut adalah doa sehabis sholat dhuha dan artinya :

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya:
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu”

“Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh”

Sudah sangat terlihat dari arti bacaan doa shalat dhuha diatas bahwa kita meminta rezeki dari Allah swt. yang belum diberikan kepada kita.

Membaca asmaul husna

Amalan selanjutnya adalah berdzikir dengan membaca asmaul husna secara rutin. Perlu diketahui juga bahwa asmaul husna memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah membuka pintu rezeki.

Di dalam asmaul husna terdapat beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah swt. maha kaya, dan jika dibaca secara rutin maka akan membukakan pintu rezeki kita.

Nama-nama dalam asmaul husna yang dapat membukakan pintu rezeki diantaranya al mughni (yang memberi kekayaan), al ghaniyyu (yang maha kaya), al maliku (yang maha menguasai), dan al wahhab (yang maha pemberi karunia), dan lain sebagainya.

Namun, bukan berarti kita baca hanya potongan asmaul husna yang sudah disebutkan tadi, ada baiknya jika kita baca asmaul husna secara lengkap setiap hari.

“Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga” (HR Bukhari dan Muslim).

Karena selain terbukanya rezeki kita asmaul husna juga memiliki manfaat lain yaitu :

  1. Menyembuhkan penyakit
  2. Mendapat keselamatan
  3. Mendapat ampunan
  4. Memperoleh kemudahan
  5. Memperoleh keturunan
  6. Menumbuhkan rasa percaya diri
  7. Mengendalikan nafsu
  8. Menjaga keharmonisan rumah tangga
  9. Mencerdaskan otak
  10. Terhindar dari sifat lupa
  11. Mendekatkan diri pada Allah
  12. Memperkuat keimanan seorang hamba

Nah, banyak sekali kan manfaat yang akan kita dapat apabila membacanya secara lengkap. Anda dapat membaca ini ketika sehabis sholat fardhu maupun sunah, atau saat membaca al quran.

Tak ada waktu tertentu, namun diusahakan untuk selalu istiqamah membacanya setiap hari. Insyaallah kita akan mendapat semua manfaat-manfaat tadi.

Demikian beberapa doa yang dapat diamalakan agar cepat kaya. Saya ingin ingatkan sekali lagi bahwa doa saja tak cukup untuk mewujudkan impian anda.

Jika hanya berdoa lalu diam duduk tiduran dikamar saja tanpa melakukan apa-apa, apa yang mau didapat? Uang tak jatuh dari atap rumahmu. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *