Peluang Usaha Berikut Ini Tanpa Modal Namun Hasil Melimpah

Banyak orang yang memiliki berjuta ide bisnis yang cemerlang untuk dipraktekan, namun banyak juga yang akhirnya mundur karena takut tak ada modal untuk bisnisnya.

Yang awalnya sudah semangat untuk berbisnis malah berakhir tak melakukan apa-apa. Akhirnya jalan terakhir adalah mencari pekerjaan yang tak sesuai dengan passionnya.

Kehadiran modal memang sangat penting dalam bisnis. Namun tak selamanya modal adalah uang. Kita bisa memulai usaha tanpa modal (duit) namun tetap mendapatkan hasil yang melimpah.

Ada banyak jenis modal untuk berbisnis seperti laptop, koneksi internet, kecerdasan, bahkan keberanian dan nekat juga merupakan modal yang penting dalam memulai usaha.

Jika tidak ada keberanian dalam diri seseorang dan mental nekat, maka bisnis / usaha mau sampai kapan pun tak akan pernah dimulai.

Lalu usaha apa yang bisa dikerjakan tanpa modal namun hasil melimpah? Berikut beberapa pilihan usaha yang dapat anda coba jika ingin mendapat uang tanpa uang.

1. Jadi dropshipper

gambar orang keluar dari pc komputer mengantar barang reseller bisnis online dropshipping
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Ini adalah bisnis tanpa modal dan minim resiko. Bagaimana tidak, tugas kita hanya menjual barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Lalu apa bedanya dengan reseller? Dropshipper adalah orang yang menjual barang milik orang lain tanpa menyetok / membeli barangnya dari supplyer, sedangkan reseller harus membeli barangnya kemudian dia jual dengan harga yang lebih tinggi.

Jadi begini cara kerjanya :

  1. Cari supplyer yang menerima sistem dropship, seperti tokopedia, cakning, detalase, shopee dan masih banyak lagi. Ini salah satu contoh caranya yaitu dropship di shopee.
  2. Iklankan barang-barang dropship yang ingin kalian jual dimana pun kalian mau.
  3. Jika ada pembeli, pesan barang ke supplyer atas nama tokomu, namun dengan alamat si pembeli.

Jangan bilang ke pembeli bahwa anda menjual dengan sistem dropship, anggap itu adalah barangmu sendiri. Biarkan pembeli menganggap bahwa itu adalah barang milikmu.

Karena jika mengirim barang dengan sistem dropship, maka nama pengirim adalah atas namamu / tokomu. Jadi dropship artinya menjual barang tanpa stok barang meupun melakukan pengiriman. Semua sudah diatur oleh supplyer.

2. Penulis lepas

foto gambar laptop dengan banyak tulisan penulis lepas website blog
Photo by Realmac Dan on Unsplash

Bagi anda yang senang menulis, cara ini bisa menjadi pertimbangan. Anda bisa menjadi penulis lepas bagi website / blog.

Seiring perkembangan jaman, semakin banyak website dan blog yang dibuat oleh penduduk dari seluruh dunia. Banyak dari mereka membutuhkan jasa penulis untuk mengisi konten di websitenya untuk meningkatkan traffic dan visitor.

Namun, tak hanya senang menulis, anda harus pandai memilah kata serta dapat menulis dengan baik dan benar sesuai standar SEO dan pastinya standar dari website itu sendiri.

Untuk ibu rumah tangga atau kalian yang masih mahasiswa mungkin bisa mencoba menjadi penulis lepas. Kunci utama dari pakerjaan ini hanya mengharuskan kita untuk terbiasa menulis.

Karena jika terbiasa, seiring berjalannya waktu tulisan kita juga akan semakin baik. Untuk memulainya anda dapat mencoba menulis pengalaman pribadi anda secara rutin.

3. Jual blog / website

foto laptop sedang buka website blog wordpress dengan secangkir kopi dan buku disampingnya
Photo by 27707 On Pixabay

Selain menjadi penulis lepas bagi blog / website seseorang, anda bisa mencoba untuk membuat website anda sendiri. Anda cukup membuat blog / website gratis seperti blogspot atau wordpress.

Namun cara ini tak semudah kelihatannya jika ingin mencoba. Anda juga harus rajin menulis pada website / blog anda minimal 1 kali sehari sampai website anda mencapai traffic tertentu.

Setelah website / blog anda mempunyai traffic dan visitor yang banyak, anda dapat menjualnya bahkan hingga jutaan rupiah setiap blognya.

4. Twitter buzzer

gambar twitter hp dan peta dunia
Image by edar from Pixabay

Apa itu twitter buzzer? Buzzer adalah akun di twitter yang memiliki banyak follower, didengarkan opininya, dipercaya, dan membuat orang bereaksi setelahnya.

Jadi istilahnya buzzer ini adalah orang / sebuah akun yang dapat memberi pengaruh, seperti selebritinya twitter lah. Nah, biasanya para penjual produk atau jasa, event, dan sebagainya memerlukan jasa para buzzer ini.

Tugas buzzer hanya memposting sebuah twit yang berisi rekomendasi produk para penyewa serta pengetahuan tentang produk itu. Biasanya kemudian disertakan mention ke akun penyewa buzzer.

Bisnis ini cukup menjanjikan dan mengasyikan. Namun, untuk melakukan bisnis ini anda harus menjadi selebtwit (seblebriti twitter) dulu supaya para penyewa jasa dapat mempercayaimu sebagai jasa iklan untuk mereka.

5. Bisnis bimbingan belajar

foto gambar dua anak sedang belajar bersama menulis dan melihat
Image by klimkin from Pixabay

Jika anda menguasai bidang tertentu dalam pelajaran seperti matematika, bahasa, ipa, dan lainnya, anda dapat membuka jasa les privat bagi mereka yang membutuhkan ekstra waktu untuk belajar.

Karena belajar tak ada matinya, saya yakin bisnis ini juga akan terus ada dan berkembang. Saat pertama memulai bisnis bimbel ini, anda dapat menjadi guru bagi mereka, kemudian carilah guru lain dalam bidang yang lain agar usahamu berkembang.

Jangan terlalu tinggi mematok harga bila anda baru memulai bisnis ini. Mulailah dengan harga murah, bahkan bisa gratis jika anda ingin fokus untuk membuka promosi terlebih dahulu.

Itulah beberapa bisnis yang dapat anda coba. Usaha-usaha tersebut memang tidak membutuhkan modal uang sama sekali, namun perlu diketahui bahwa tak ada yang instan di dunia ini kecuali mie instan.

Anda harus tetap berusaha membangunnya supaya usaha anda menjadi besar dan menghasilkan uang yang berlimpah. Mungkin awalnya memang kecil, tapi jika ditekuni suatu saat pasti akan menjadi besar.

Jangan pernah menyerah, uang tak bisa ditanam seperti daun. Biasanya orang sukses itu harus gagal minimal 7 kali dulu lho, saya pernah mendengarnya dari orang yang sudah sukses. Semangat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *