Gimana Sih Cara Mencari Supplier yang Baik dan Terpercaya untuk Menunjang Bisnis?
Photo by Norbert Kundrak on Unsplash

Gimana Sih Cara Mencari Supplier yang Baik dan Terpercaya untuk Menunjang Bisnis?

Pada postingan saya sebelumnya tentang cara dropship di shopee, ternyata lumayan banyak yang masih bingung tentang bagaimana cara mencari supplier yang baik untuk toko online mereka jika memakai sistem dropship.

Mungkin bagi Anda yang baru mau memulai bisnis dengan sistem dropship ini, ada banyak ketakutan yang muncul di pikiran Anda seperti:

“Gimana nanti kalau supplier salah kirim barang?”

“Aman gak ya kalau kita pesan ke supplier lewat WhatsApp?”

“Gimana kalau nanti ketahuan itu bukan toko kita?”

“Kalau pelanggan kita diambil supplier gimana?”

“Gimana caranya tau kalau supplier saya terpercaya?”

Dan gimana-gimana yang lainnya.

Nah, pada artikel kali ini saya akan jawab segala keresahan yang ada dipikiran kalian seputar supplier ini.

Pastinya semua akan terjawab bila kita telah memiliki suplier yang baik dan dapat dipercaya. Tapi gimana caranya bisa mendapatkan supplier yang seperti itu?

Karena cari supplier juga gak bisa asal-asalan, mau carinya di marketplace, media sosial, website, atau dimanapun itu semua ada tekniknya supaya toko kita gak ancur gara-gara salah pilih supplier.

Sebenarnya mau Anda akan menjadi dropshipper atau reseller, cara cari supplier yang baik tetap akan sama. Karena supplier yang baik untuk dropship pasti baik juga untuk para reseller.

Langsung aja deh aku kasih tips dan trik memilih suplier yang terpercaya, supaya bisa menunjang suksesnya lapak online Anda.

Kriteria supplier yang baik

cara mencari supplier yang baik, banyak tas kulit totebag, handbag, ransel yang didisplay dalam toko
Photo by Clay Banks on Unsplash

Sebelum action untuk cari supplier, ada baiknya kita pahami dulu kriteria supplier yang baik, supaya lebih mudah bagi kita untuk menyeleksi nantinya.

Setidaknya ada 4 kriteria penting yang wajib ada pada suplier untuk para dropshipper yaitu:

  1. Mau memberikan garansi/bertanggungjawab (jika salah kirim barang, atau barang cacat, dan lain sebagainya).
  2. Tidak menuliskan/menyelipkan nama dan nomor tokonya pada paket (karena seharusnya hanya ada nama dan toko Anda).
  3. Fast respon.
  4. Barang benar-benar dikirim (bukan penipu).

Kalau bagi reseller mungkin kriterianya agak berbeda sebagai berikut:

  1. Memberikan pelatihan untuk para reseller baru.
  2. Ikut mempromosikan toko reseller (biasanya alamat reseler akan dicantumkan juga di situs milik supplier jika ada website, atau merekomendasikan toko reseler jika stoknya habis/lokasi pelanggan lebih dekat dengan reseller).

Cara mencari supplier terpercaya di marketplace

cara mencari supplier yang baik di marketplace, foto tangan segang memegang ipad dan ingin membeli barang secara online, dengan berbagai tanaman hijau dan sebuah kacamata serta pensil di sekelilingnya
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Mencari supplier terpercaya memang susah-susah gampang. Tapi menurut saya cari suplier online di marketplace jauh lebih mudah dibanding mencarinya ditempat lain seperti social media atau website.

Cara yang akan saya share ini lebih saya tujukan bagi Anda yang ingin jadi dropshipper. Tapi sebenarnya bisa berlaku juga jika Anda ingin menjadi reseller dan sudah punya pasar, artinya tidak butuh pelatihan dari suplier.

Kali ini saya kasih contoh dari salah satu e-commerce yaitu shopee karena pasti Anda sudah sangat familiar dengannya.

Oke begini tipsnya supaya gak salah pilih supplier:

1. Lihat jumlah penjualan produk yang ingin kita jual di toko yang kita incar

Yang pertama carilah produk di toko yang sudah banyak dibeli orang, karena kemungkinan besar toko ini sudah terpercaya dan mengirimkan barang dengan baik.

Sekitar puluhan produk yang sudah terjual saya kira cukup, lebih banyak lebih baik.

Jumlah produk yang terjual bisa dilihat di sini:

cara mencari supplier yang baik di marketplace, letak info jumlah terjual di shopee

2. Lihat penilaian dari pembeli

cara mencari supplier yang baik di marketplace, penilaian produk/ review pembeli

Selanjutnya yang gak kalah penting adalah review dari pembeli. Penilaian dari pembeli inilah yang paling harus diperhatikan.

Bila tidak ada review sama sekali pada produk tersebut, saya kira lebih aman untuk diskip dulu dan cari pelapak lain.

Cari review yang ada foto dan komentarnya jangan hanya bintang. Lihat apakah penilaian/komentar dari pelanggan banyak yang positif atau negatif.

Inilah fungsinya cari produk yang sudah banyak yang beli supaya reviewnya juga banyak dan bisa kita pertimbangkan.

Maksimal 5% review negatif dari semua review yang ada sudah bagus.

3. Coba chat pelapak

Setelah lolos seleksi tahap satu dan dua, selanjutnya coba chat pelapak dan tanyakan apakah bisa dropship.

Nah ketika chat ini, lihat bagaimana respon dari pelapak dari sisi keramahan, durasi membalas, dan balesnya niat apa tidak.

Memang bagaimana respon pelapak itu tidak terlalu penting jika Anda order langsung di marketplace dengan sistem dropship.

Tapi kan akan lebih nyaman bila responnya baik dan cepat, jadi jika ada suatu kendala nanti (pertanyaan seputar produk, masalah pengiriman, dll) bisa cepat ditangani oleh supplier.

Tanyakan juga waktu pengiriman barang, dengan begitu Anda bisa menjadwalkan dan menginfokan tentang pengiriman dan pemesanan ke pelanggan Anda.

Kemudian Anda juga bisa menanyakan apakah ada harga khusus untuk dropshipper supaya Anda bisa mendapat harga yang lebih murah.

4. Coba kirim barangnya ke rumah Anda dengan sistem dropship

Kemudian setelah Anda yakin bahwa calon supplier Anda ini terpercaya, coba beli satu produknya yang nantinya akan Anda jual.

Order dan klaim bahwa Anda adalah seorang dropshipper dengan mengisi kolom dropship (isi dengan nama dan nomor Anda) yang ada di marketplace.

Ketika barang sudah sampai rumah, cek paketnya.

Apakah barang yang dikirim benar dan dalam keadaan baik?

Apakah nama dan nomor pengirim sudah sesuai dengan yang Anda minta?

Apakah supplier menyelipkan nama dan kontak/nomornya di dalam paket?

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas sudah terjawab dengan baik. Barangnya benar, nomor dan nama pengirim paket benar, dan suplier tidak berbuat curang dengan menyelipkan nama dan kontaknya di dalam paket, berarti dia bisa diajak bekerja sama.

Bagi reseller

Kalau Anda ingin menjadi reseller yang punya supplier di marketplace, Anda bisa cari toko yang memiliki harga grosir yang lumayan menguntungkan.

Biasanya kan beberapa barang ada yang disediakan pelapak dengan berbagai harga grosir jika beli banyak sekaligus, nah dicari saja yang kira-kira bisa mendapat untung lumayan dari harga grosir tersebut.

Karena tiap barang pasti berbeda jadi saya gak bisa kasih patokan/kriteria yang gimana gimana, dihitung sendiri aja.

Tapi sebelum langsung beli banyak, dari pada barang yang datang nanti tidak sesuai dengan ekspetasi, ketika menemukan suplier baru, beli dulu satu barangnya yang ingin Anda jual, dan lihat kualitasnya, kalau dia sudah terpercaya baru beli grosir.

Cara mencari supplier terpercaya di social media/platform online lain

cara mencari supplier yang baik di social media dan platform online lain, foto hp iphone dengan aplikasi media sosial instagram, facebook, dan twitter
Photo by dole777 on Unsplash

Sebenarnya caranya tidak beda jauh, kuncinya ada pada testimoni dan bagaimana barang yang sampai.

Namun, mencari supplier di luar marketplace (instagram, facebook, website, dll) yang terpercaya rasanya lebih sulit karena orang lebih mudah menipu jika berjualan di luar marketplace.

Saya coba jabarkan saja beberapa tipsnya.

1. Lihat testimoni

Yang pertama dilihat pastinya adalah testimoni dari toko tersebut, mau itu di instagram, facebook, halaman website, atau dimana pun itu.

Pastinya ada beberapa screenshot/testimoni yang dibagikan oleh penjual. Lihat itu, jika menurut Anda cukup banyak testimoninya dan itu real silahkan coba order.

Selain testimoni dari pelanggan, lihat juga video pengepakannya/ video barang yang akan dikirim, biasanya itu juga dishare oleh pelapak untuk meyakinkan pelanggan.

2. Coba hubungi penjual dan lihat durasi waktunya dalam menjawab

Ini hal yang sangat penting sekali (bagi dropshipper) jika Anda mencari supplier online di luar marketpace. Karena pembelian biasanya tidak bisa by sistem, harus tunggu chatnya dibalas oleh pelapak.

Yang penting diperiksa adalah kecepatan penjual dalam menjawab chat Anda.

Namun ini tidak terlalu penting untuk reseller, tapi alangkah baiknya juga cari yang fast respon untuk antisipasi jika Anda ingin bertanya tentang produk knowledge jika Anda belum paham terlalu dalam tentang barang yang akan Anda jual.

3. Tes apakah pelapak berbuat curang

Seperti biasa, jika Anda sudah yakin calon supplier Anda terpercaya, Anda bisa langsung coba pesan salah satu produknya untuk mengetes kejujurannya dan barang yang akan Anda jual nantinya.

4. Utamakan yang bisa memberi fasilitas lebih

Sekarang sudah banyak toko online yang bersedia memberikan fasilitas-fasilitas seperti pelatihan untuk para pebisnis pemula, mau membantu dalam hal promosi para resellernya, membuat grup diskusi, mempunyai sistem yang menguntungkan bagi para reseller dan dropshipper, dsb.

Nah, coba cari supplier yang seperti ini. Tapi Anda juga harus pintar memilah mana yang mungkin akan menguntungkan Anda.

Cara mencari supplier di real life

cara mencari supplier yang baik di real life/offline, keranjang belanjaan berwarna kuning di depan toko/super market
Photo by Clark Young on Unsplash

Mencari supplier secara offline mungkin akan lebih mudah karena kita bisa melihat langsung tokonya, jadi sudah pasti bukan penipu.

Tetapi yang masih perlu diperhatikan yaitu tetap pada durasi membalas chat dan kecurangan suplier dalam pengiriman paket (bagi dropshipper).

Itulah tadi berbagai cara mencari supplier yang baik supaya toko Anda bisa berjalan dan berkembang dengan baik. Karena supplier yang baik merupakan awal dari kesuksesan toko Anda. Selamat mencari, semoga sukses! 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply