Berbagai Cara Menggunakan Whatsapp Web di Android, PC, dan Laptop

Siapa sih yang gak kenal whatsapp? Aplikasi yang biasa disebut wa ini pasti sudah tak asing lagi bagi setiap orang, hampir seluruh manusia di dunia ini telah menggunakan whatsapp.

Salah satu platform media sosial yang terbesar di dunia ini uniknya tak hanya menyediakan aplikasi sebagai tempat untuk berkomunikasi, walaupun namanya adalah whatsapp, namun kini wa dapat diakses melalui web serta aplikasi web.

Adanya whatsapp web ini pastinya untuk memudahkan kalian yang sering mengerjakan sesuatu menggunakan laptop atau pc, jadi tak harus ribet membuka hp saat ingin membalas chat. Kalau whatsapp web aplikasi? Nah ini nih uniknya, kalian bisa gunakan whatsapp web di hp atau android kalian layaknya aplikasi. Lalu apa bedanya ya? Hmmm..

Whatsapp web ini bisa anda pakai untuk menyadap whatsapp orang lain juga lhoo, walaupun cara ini sebenarnya bisa mudah ketahuan kalau orang yang anda sadap mengerti tentang aplikasi satu ini.

Terus gimana sih cara gunainnya? Tenang, bakal aku jelasin lengkap, selengkap-lengkapnya.

Oh iya anda juga bisa menyimpan history login di website whatsapp, agar anda tak harus scan barcode berkali-kali dan bisa masuk tanpa scanner.

Yuk langsung aja berikut penjelasannya.

Cara menggunakan whatsapp web

whatsapp cover depan
Photo by whatsapp.com

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, anda dapat menggunakan wa web ini untuk berkomunikasi melalui laptop atau pc. Tapi untuk dapat menggunakannya, wa di smartphone kalian juga harus aktif (terkoneksi dengan internet) karena mereka saling terhubung. Begini cara untuk login :

1. Cari di search engine

Biasanya saya lebih senang search di google dulu dari pada langsung meluncur ke website resminya, seperti ini. Ketikan wa web pada search engine. Kemudian klik websitenya.

whatsapp web

2. Buka aplikasi pada smartphone

Setelah muncul tampilan whatsapp web pada laptop atau pc kalian seperti pada gambar, bukalah aplikasi wa yang ada di hp anda.tampilan depan whatsapp web

 

3. Buka pengaturan whatsapp web

Klik titik tiga pada kanan atas aplikasi lalu pilih whatsapp web. Bagi pemilik aplikasi wa di iphone bisa buka pengaturan lalu pilih whatsapp web.

tampilan aplikasi whatsapp plus menu

 

4. Scan barcode

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Arahkanlah handphone anda pada layar laptop yang telah menampilkan tampilan whatsapp web pada bagian barcode.

scan barcode atau qr code pada aplikasi whatsapp di hp untuk login whatsapp web

5. Selesai!

Sekarang anda dapat berwhatsapp ria menggunakan laptop atau pc.

Fitur dalam whatsapp web

Selain cara masuk ke dalam whatsapp web, fitur yang ada di dalamnya juga penting dipelajari supaya tak bingung ketika menggunakannya. Berikut berbagai fitur whatsapp yang ada dalam wa web :

1. Chat

Untuk fitur yang satu ini pasti udah pada paham, karena begitu masuk tampilan yang langsung keluar adalah room chat.

room chat whatsapp web

2. Voice chat

Seperti halnya di aplikasi, kita juga dapat bersuara ria dengan fitur voice note. Tempatnya ada di sebelah kanan bawah tampilan.

voice chat atau voice note pada whatsapp web

3. Kirim gambar, audio, dan media lainnya

Jika ingin mengirimkan gambar, audio, atau media lainnya bisa mengeklik ikon yang ada di sebelah kiri titik tiga di kanan atas layar, perhatikan gambar. lalu pilih jenis media apa yang ingin dikirim.

fitur pengirim foto, kamera, media, kontak pada whatsapp web

4. Emoji

Emoji juga masih tersedia loh walaupun kita pakai whatsapp web. di sini tempatnya.

emoji atau emot pada whatsapp web

5. Status

Tak kalah pentingnya dengan chat, status juga kadang menjadi tontonan yang menarik bagi sebagian orang. Nah, di website milik wa ini anda juga dapat melihat atau membuat status, jadi gak perlu khawatir.

tampilan status pada whatsapp web

Aplikasi Whats Web di hp android

logo whats web

Selain bisa dibuka melalui browser, whatsapp web juga dapat diakses melalui aplikasi. Fungsi utama dari aplikasi ini sebenarnya adalah untuk membersihkan dan mencadangkan media yang diterima atau dikirin melalui whatsapp.

Dengan aplikasi ini, anda dapat membuka dua akun sekaligus dalam satu hp. Maka dari itu aplikasi ini cocok untuk menyadap whatsapp milik teman, pasangan, adik, atau sepupu anda.

Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti langkah berikut :

  1. Setelah aplikasi berhasil didownload, buka aplikasi lalu pilih whats web.whats web untuk membuka whatsapp web pada ponsel / smartphone
  2. Nanti akan muncul barcode atau QR code untuk login.
  3. Selanjutnya buka whatsapp yang ingin disambungkan atau disadap pada whats web.
  4. Lalu persis seperti tutorial diatas, buka menu whatsapp web pada aplikasi untuk scan QR code.
  5. Scan barcode dan whatsapp web di hp anda siap untuk digunakan.

Tapi ingat, ini hanya dapat digunakan jika aplikasi whatsapp berada pada hp yang berbeda. Ya kalik buka dua whatsapp disatu handphone biar apa?

Cara login whatsapp web tanpa scan barcode / QR code

Login dengan barcode / QR code ini mungkin sedikit ribet ya? Atau mungkin ketika hp kita sedang jauh dalam jangkauan dan kita malas untuk mengambilnya.

Atau mungkin anda ingin menyadap whatsapp seseorang namun tak ada waktu untuk bertemu atau tak bisa meminjam handphonenya?

Nah, masalah di atas dapat diatasi dengan cara berikut ini. Namun cara ini tetap memiliki syarat dan kelemahan.

  1. Seperti biasa, langkah pertama yang paling penting adalah masuk web whatsapp.
  2. Pastikan anda pernah masuk menggunakan whatsapp web di komputer atau laptop yang akan di gunakan. Pastikan juga anda telah mencentang pilihan tetap masuk yang ada pada tampilan awal situs.tampilan depan whatsapp web
  3. Kemudian biarkan handphone yang anda gunakan untuk aplikasi whatsapp yang pernah masuk wa web menyala. Pastikan ponsel anda juga tersambung dengan internet.
  4. Jika sudah maka whatsapp pada hp anda akan secara otomatis mendeteksi barcode dan akan login dengan sendirinya.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses scan selesai.
  6. Jika sudah, sekarang anda bisa menggunakan whatsapp web untuk chat tanpa harus scan barcode.

Memang cara tersebut memerlukan cache untuk login lagi pada komputer yang sama. Cara ini juga tidak dapat digunakan untuk pc yang baru akan dimasukkan akun anda. Itulah kelemahannya.

Untuk saat ini memang belum ada cara yang benar-benar bisa masuk tanpa scan QR code sebelumnya, karena ini wajib dilakukan. Jadi anda juga tidak dapat menyadap wa seseorang dengan cara ini jika belum pernah meminjam ponselnya.

Nah, itulah tadi berbagai cara dan variasi menggunakan whatsapp web. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *