Gimana Sih Cara Mengubah Username Shopee? Emang Bisa?
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Gimana Sih Cara Mengubah Username Shopee? Emang Bisa?

Berawal dari keinginan saya untuk membuka toko (menjadi penjual) di shopee dengan akun pribadi (akun yang biasa untuk membeli barang saja). Saya pikir..

“Malas ah kalau harus buat akun lagi, nanti jadinya bakal gonta ganti akun.”

Akun pribadi pastinya memiliki username atau nama ID dengan nama diri sendiri. Gak masalah sih kalau mau dijadikan sebagai akun jualan juga, tapi nantinya toko kita jadi kurang terlihat profesional.

Nah, kemudian saya coba untuk mengganti username akun pribadi saya menjadi nama toko di pengaturan akun. Hasilnya? Bagian username tidak bisa diklik pemirsa. 🙂

Akhirnya saya coba cari di help centre shopee tentang “bagaimana cara mengubah username akun shopee”.

Ternyata di sana dijelaskan bahwa kita dapat mengubah username shopee sebanyak satu kali (seumur hidup) via aplikasi handphone.

FAQ dari shopee tentang cara mengubah atau mengganti username dan nama toko dhi shopee
Begini katanya.

Contents

Mengubah Username

Kemudian saya coba lagi untuk ganti username berdasarkan tutorial dari FAQ shopee. Katanya begini caranya:

  1. Klik “Saya”.
  2. Buka “Pengaturan akun”. cara mengubah atau mengganti username shopee, akun saya, pengaturan akun
  3. Pilih “Profil saya”. cara mengubah atau mengganti username shopee, pengaturan profil akun shopee
  4. Klik “username“. cara mengubah atau mengganti username shopee, pengaturan profil akun shopee
  5. Kemudian akan muncul notifikasi pop up, lalu klik “lanjut”.
  6. Ubah username > simpan.

Yahh.. poin 1 sampai 4 sih sama seperti yang saya lakukan sebelumnya, kemudian pada poin ke-5 ini yang tidak bisa dilakukan karena pengaturan akun bagian username tidak bisa di klik!

Saya juga sudah coba dengan akun yang baru banget dibuat dan hasilnya tetap nihil. Pada menu profil saya di pengaturan akun, Anda dapat mengatur semuanya (nama, email, no hp, jenis kelamin, tanggal lahir, profil, foto, password, dan akun sosial media) kecuali username.

cara mengubah atau mengganti username shopee, pengaturan profil akun shopee

Jadi satu-satunya cara supaya username Anda dapat berubah adalah dengan membuat akun baru, atau mungkin bisa dengan menghubungi customer service shopee melalui chat (Buka “Saya” > “Chat dengan shopee”).

Cara chat-nya:

  • Tulis permintaaan penggantian username Anda kepada pihak shopee.
  • Setelah dibalas, berikan data lengkap seperti: username lama Anda, alasan kenapa ingin mengganti username, dan username baru yang Anda inginkan minimal 3 opsi (ini untuk jaga-jaga apabila username yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain).

Cobalah untuk mengirim chat ke customer service dulu, jangan langsung hapus akun shopee ya! Karena kalau akun shopee sudah dihapus, kemungkinan besar tidak bisa dikembalikan lagi.

Sedikit tips memilih username toko

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan jika ingin mengubah atau membuat username baru:

  • Ketika Anda akan menentukan username untuk toko Anda, pastikan nama yang digunakan mudah untuk dihafal, sehingga orang mudah untuk mencarinya. Hindari juga penggunaan angka dan simbol-simbol alay.
  • Gunakan kata kunci barang Anda supaya toko Anda masuk dalam pilihan pencarian, misal: dompetkulitterbaik, tokokameraku, gamissyarimurah, dll.

Mengganti nama toko

Username tidak sama dengan nama toko. Bila Anda sudah putus asa dengan username, tenang, Anda masih bisa mengubah nama toko maksimal 1 kali dalam 30 hari untuk menghindari spam.

Nama toko adalah nama yang akan muncul pada tampilan toko kita ketika calon pembeli mengunjungi toko, sedangkan username adalah nama user yang akan muncul pada chat dan display barang.

Mengubah nama toko ini bisa jadi alternatif bila Anda ingin menggunakan akun shopee pribadi sebagai toko Anda.

Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengganti nama toko:

Tapi sebelum itu Anda harus membuat toko (menjadi penjual) terlebih dahulu dengan mengklik “Mulai jual” di halaman “Saya” dan upload-lah minimal 1 barang dagangan Anda.

cara mengubah atau mengganti username shopee, mulai jual jadi penjual di akun shopee

 

  1. Melalui aplikasi
    • Klik “Saya” > “Toko saya”. cara mengubah atau mengganti username dan nama toko lewat aplikasi shopee
    • Buka “Asisten penjual”. cara mengubah atau mengganti username dan nama toko lewat aplikasi shopee
    • Pilih “Profil toko” > “Nama toko”. cara mengubah atau mengganti username dan nama toko lewat aplikasi shopee
    • Kemudian masukkan nama toko. cara mengubah atau mengganti username dan memasukkan nama toko baru lewat aplikasi shopee
    • Klik icon centang.
  2. Melalui seller center (seller.shopee.co.id)
    • Klik “Profil toko”. cara mengubah atau mengganti username dan nama toko lewat shopee seller center
    • Klik bagian “Nama toko” kemudian ganti nama toko Anda. cara mengubah atau mengganti username dan nama toko lewat shopee seller center
    • Lalu simpan.

Ingat! Anda hanya dapat mengubah nama toko sebanyak 1 kali dalam 30 hari. Jadi, pikirkan baik-baik dan mantapkan hati Anda dulu sebelum benar-benar menggantinya.

Namun bila terlanjur diganti dan Anda merasa tidak cocok atau ada kesalahan (misal salah tulis apa gimana) padalah belum 30 hari, Anda dapat menghubungi customer service untuk meminta bantuan penggantian nama toko.

Tapi harus ditinjau dulu dan lagi masih menunggu maks. 2×24 jam. Ribet kan? Tapi kalau terpaksa gak apa-apa sih daripada gak bisa tidur karena kepikiran.

Nah, itulah tadi cara mengganti username dan nama toko (tautan toko) di shopee. Pokoknya kalau ada kendala apa-apa langsung aja chat customer service shopee biar CS-nya ada kerjaan, eh bukan.. maksudnya biar bisa teratasi dengan baik. 🙂

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

This Post Has 2 Comments

  1. Rendra

    Alhamdulilah kak, trimakasih ilmunya
    Kemarin sempat baca bagaimana dropship di shopee ke shopee. Aku mau tanya nih kak bagaimana laba yg diterima oleh dropship ketika sudah input resi kita ke vendor? Apakah masuk ke dompet shopee kita atau malah ke vendornya semua? Trimakasih kak

    1. Aku

      Sama sama, saya jawab di artikel sebelah ya.

Leave a Reply