Tips Membuat Kata-Kata Promosi Beserta Contohnya yang Bikin Orang Kebelet Beli!
Photo by Possessed Photography on Unsplash

Tips Membuat Kata-Kata Promosi Beserta Contohnya yang Bikin Orang Kebelet Beli!

Promosi memang merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Pembeli tidak akan tau produk Anda jika Anda tidak melakukan sebuah promosi.

Apapun produk dalam bisnis Anda, makanan, fashion (baju, kerudung, topi, dsb.), minuman, kecantikan (skincare, make up, shampo, dsb.), herbal, otomotif, atau yang lainnya, semua membutuhkan kata-kata promosi untuk menarik pembeli.

Tak hanya berupa kata kata, promosi juga biasanya didukung dengan gambar dan video.

Sebuah olshop (online shop) biasanya mempromosikan barangnya di beberapa platform seperti instagram, facebook, website, marketplace, youtube, whatsapp dll.

Lalu bagaimana cara membuat kata-kata promosi yang menarik supaya banyak pembeli berdatangan alias bikin dagangan Anda laris manis? Simak tips dan contoh kata kata promosi berikut ini.

Tips membuat kata-kata promosi

tips membuat kata-kata promosi dan contohnya, seorang pria duduk di kursi meja cafe menggunakan baju hitam sambil memegang buku tips expert secret dan cangkir hitam serta laptop di hadapannya.
hoto by Austin Distel on Unsplash

Jangan asal-asalan dalam membuat kata kata promosi. Contoh tanpa tau tekniknya itu percuma, mau sampai kapan meniru terus?

Maka dari itu, di sini saya akan beri tau ilmunya untuk Anda. Supaya Anda dapat membuat kata kata promosi sendiri untuk toko Anda.

Tenang, saya akan tetap kasih contohnya lengkap kok di akhir nanti. Baca sampai akhir ya!

1. Gunakan kata “Anda” bukan “kami”

Gimana nih maksudnya? Jadi dalam sebuah promosi atau yang biasanya disebut copywriting, minimalkan kata kami (yang menunjukkan kelebihan produk atau perusahaan Anda), bahkan kalau bisa gak usah ada sama sekali, kenapa? Karena orang lain gak peduli sama Anda/perusahaan Anda!

Contohnya:

Kami menyediakan katering berkualitas dengan harga bersahabat dari bahan-bahan organik yang kami tanam, rawat, dan besarkan seperti anak sendiri.

Anda bisa perhatikan kalimat tadi. Yakinlah bahwa pembeli itu tidak akan peduli karena dia hanya mementingkan dirinya (apa yang bisa dia dapat), bukan Anda (apa yang Anda punya).

“Mau seperti anak Anda, anak tetangga, anak mantan, atau anaknya anak Anda, itu bukan urusan gue” (kata calon pembeli).

Jadi bagaimana sebaiknya? Coba ubah kata-katanya menjadi begini:

Ingin katering berkualitas tapi buget mepet? Tenang, Anda bisa mendapatkan katering kualitas premium dari bahan-bahan organik dengan harga bersahabat di sini!

atau

Sekarang, tak perlu lagi khawatir soal kualitas sajian untuk acara spesial Anda hanya karena harganya yang murah! Karena Anda akan mendapat sajian premium dari bahan organik pilihan dari kami.

Intinya adalah berikan apa yang pembeli butuhkan, kasih solusi atas masalahnya. Sebenarnya tidak masalah memakai kata “kami”, tapi bukan untuk pelaku utamanya.

Seperti contoh tadi, masalah yang dimiliki adalah keinginkan untuk mendapat catering berkualitas dengan budget yang minim.

Jadi, tunjukkan bahwa Anda dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk order karena merasa masalahnya dapat teratasi oleh Anda.

2. Spesialkan pembeli

Ini bisa Anda gunakan ketika menggunakan chat sebagai tempat promosi Anda, bisa di whatsapp, instagram, SMS, maupun sebuah marketplace.

Misal, ketika ada sebuah akun yang baru saja follow akun Anda di instagram atau marketplace, kirimi mereka chat otomatis berupa voucher diskon atau promo dari toko Anda sebagai ucapan terimakasih telah mengikuti akun bisnis Anda.

Anda juga bisa mengirimi berbagai voucher diskon kepada pelanggan yang pernah belanja di toko Anda supaya mereka tertarik untuk membeli produk Anda lagi.

3. Cantumkan waktu/jumlah yang terbatas untuk promo Anda

Pasti sering kan Anda melihat kata kata promosi dengan batas waktu tertentu, seperti:

“Cuma untuk 50 orang tercepat!”

“Berlaku hanya hari ini!”

“Buruan! Tinggal 3 jam lagi nih! (terus ada countdown-nya)

Beri waktu yang semepet mungkin, misal berapa jam atau maksimal sehari lah. Kalau kelamaan nanti calon pembeli bakal lupa karena menunda-nunda. Jangan biarkan calon pembeli Anda berpikir terlalu lama!

Kata-kata tadi tujuannya adalah untuk mencuci otak orang yang melihatnya agar segera membeli barang yang ditawarkan. Padahal besoknya juga paling masih ada itu promo.

Jangankan orang awam, saya yang udah tau ilmunya aja kadang masih suka kecuci. Makanya, tips ini tuh bisa dibilang masih sangat ampuh di jaman sekarang.

Apalagi kalau Anda menggunakan iklan berbayar untuk melakukan promosi. Orang-orang yang baru mengetahui produk Anda dari iklan itu akan merasa beruntung karena tau produk Anda di waktu yang tepat (tau pas lagi promo).

Dengan begitu, mereka akan berpikir bahwa tidak ada salahnya untuk coba beli, mumpung lagi promo.

4. Cantumkan harga coret

Ini wajib banget ada dalam kata-kata promosi Anda. Dimana pun Anda melakukan promosi, jika ingin mencantumkan harga, Anda harus memakai teknik harga coret ini.

Anda tidak perlu membuat jualan Anda rugi dengan memaksakan diri Anda untuk menurunkan harga yang sebelumnya sudah Anda tetapkan.

Tapi, naikkan harga normal barang/jasa yang akan Anda tawarkan kemudian coretlah dan cantumkan harga normal di dekatnya.

5. Gunakan angka ganjil untuk harga barang Anda atau buat menjadi simpel

Entah kenapa angka ganjil biasanya lebih membuat orang tertarik dari pada angka genap, Anda bisa menggunakan angka yang rumit untuk membuat pembeli berpikir bahwa itu tidak terlalu mahal.

Misal Rp 199.749,- atau Rp 237.911,-. Orang akan mengganggap bahwa harganya masih di rentang 100an (padahal itu 200) dan yang kedua harganya 230 ribuan (padahal hampir 240 ribu).

Kenapa bisa begitu? Iya, karena biasanya orang hanya melihat bagian depannya saja secara cepat untuk membandingkan harga atau mengetahui kisaran harga yang akan mereka bayar. Melihatnya hingga belakang terlalu membuang waktu dan tenaga untuk berpikir.

Atau jika Anda tidak mau ribet, Anda dapat menuliskannya menjadi lebih sedikit angka, contoh Rp 21.000,- menjadi 21k atau 21rb. Hilangkan angka “0” di belakang yang panjang itu, bikin gak menarik banget!

Usahakan juga angka yang ada sebelum “k” atau “rb” adalah angka ganjil.

6. Tuliskan keunggulan barang/jasa yang Anda tawarkan

Untuk kalimat promosi singkat, tuliskan keunggulan utama produk Anda secara jelas (biasanya tercantum besar tulisannya pada gambar) dan tepat pada sasaran (beri alasan mengapa mereka harus membelinya). Misalnya:

“Jerawat hilang sewajah(nya) dalam 3 hari!”

“BB turun sampai jadi biting!”

“Garansi sampai kiamat.”

“Barang berkualitas harga suka-suka. Tentukan harga Anda sendiri!”

dll.

Tulis dengan jelas apa keuntungan yang akan pelanggan dapat jika memesan produk Anda. Buat semenarik mungkin, tapi tetap harus sesuai dengan fakta dan masuk akal ya!

Oh iya, kata kata tadi cuma contoh aja ya, bukan buat ditiru hehe.

Kemudian untuk promosi yang panjang (misal di bagian caption), Anda dapat menuliskan semua keunggulan/manfaat produk yang Anda tawarkan dengan lengkap.

Tapi ingat! Jangan ceritakan tentang Anda, melainkan beri tahulah apa yang akan mereka dapat. Seperti poin 1 yang sudah saya jelaskan di atas.

7. Beri kalimat inti yang langsung ngena

Dalam membuat kata-kata promosi, Anda tidak boleh bertele-tele. Mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca semua penjelasan Anda.

Beri kalimat yang langsung memberi alasan kenapa mereka harus membeli/memesan produk/jasa Anda.

Kasih headline yang menarik dan mengundang pembaca untuk melanjutkan membacanya hingga akhir, atau bahkan langsung tertarik untuk membelinya.

Penjelasan/caption selanjutnya juga tidak perlu terlalu panjang, cukup kemas beberapa keuntungan yang bisa didapat pembeli dengan kata kata yang menarik.

Contoh kata-kata promosi berbagai tipe produk

tips membuat kata-kata promosi dan contohnya, papan diskon sale baju 30% di mall berwarna merah
Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Sesuai janji saya di awal, sekarang saya akan kasih kumpulan contoh kalimat promosi dari berbagai brand yang mungkin dapat menjadi referensi untuk produk Anda sesuai dengan kategori produk yang Anda jual.

Makanan

  • Pizza Hut: Bikin everyday heboh! Pizza Heboh! Hanya 15 ribu.
  • KFC (burger): Zuper krunch! Kriuknya berasa banget! Daging ayam utuh 100% zuper sauce. Start from Rp 20.000.
  • Indomie: Terobosan baru! Kuliner Indonesia. Toppingnya beda. Asli ngegigit!
  • Sushi Tei Indonesia: We are always making sure to serve you with the highest quality of freshness to our food so you can have the best dining experience with us.
  • Momogi (snack): Sekali coba Momogi, pasti momo lagi!

Minuman

  • Ale-ale: Rasa dan segernya juara!
  • Floridina: Kini di Indonesia. Orange no. 1 di dunia, Floridina Orange. Bulir utuh. Fresh to the top.
  • Sprite: Kayak ada lemon lime-nya gitu.. No bokis.
  • Marjan: Manisnya marjan begitu kaya rasa.
  • Teh Pucuk Harum: Rasa teh terbaik ada di pucuknya!
  • Es Dawet: Es Dawet asli Banjarnegara Jawa Tengah, enak manis lima ribuan.

Fashion (baju, tas, celana, sepatu dll)

  • Rabbani (kerudung): Selama ramadhan, belanja di rabbani dilarang pakai kerudung.
  • Reebok (sepatu): Anak-anak ingin menjadi pahlawan. Dengan reebok x wonder woman cheetah #ClassicLeather kids, sekarang mereka bisa!
  • Cincin: Bosan sama design cincin nikah yang itu-itu aja? Pengen punya design cincin yang unik untuk mengikat janji suci kalian? Coba liat cincin ini deh, siapa tau suka.
  • Sedna (tas): Tas ransel wanita. 100% ori import. Bahan PU tebal.
  • Sorabel (baju): fashion is #BetterWithYou. Dapatkan voucher belanja sebesar Rp 50.000 ,-. Periode: 22 jan – 5 feb.

Kecantikan

  • B Erl (skincare): New instens lightening. Mencerahkan kulit wajah, menghilangkan flek hitam, anti aging, melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori. IDR 650.000 IDR 365.000.
  • Ponds (krim wajah): POND’S flawless white, 7 day challenge or your money back.
  • Maybelline (lipstik): Super Stay Matte Ink dari Mabelline New York. Liquid lipstick yang transfer proof tahan hingga 16 jam. Dalam 24 warna, selalu siap setiap saat.
  • Citra (lotion): Citra Sakura Fair UV. Kulit lebih segar, cerah merona. Buktikan dalam 7 hari.
  • Spirulina (masker): Saat berkaca, saatnya merawat kulit tubuhmu. Wajah bebas jerawat, flek, dan komedo.

Otomotif

  • Shell (oli): Shell Helix Ultra, terbaik untuk performa. Coba sekarang! Rangkaian oli full sintesis Shell Helix terbaru, dirancang untuk Anda yang #beranimelaju.
  • Xpander (mobil): Xpander Cross. Tetap happy #DiRumahAja, dengan mobil idaman keluarga. Premium seat cover, gratis perawatan, bunga 0% hingga 2 tahun.
  • Eco Racing (penghemat bensin): Eco Racing, kapsul penghemat bensin. Terbukti melindungi mesin, menghemat bensin hingga 50%, menghilangkan polusi co hingga 100% & menaikkan 5-10 ron.

Elektronik

  • Samsung (HP): Powerful gift for powerful you. Tukar tambah smartphone lama ke Galaxy A series. Cashback up to Rp 650.000. Hingga 3 smartphone. Period: 27 nov 2020 – 3 jan 2021.
  • Sharp (TV): Wow promo harga fantastis LED TV Sharp. LED TV 40 inch Rp 2.799.000,-, LED TV 32 inch Rp 1.799.000,-, LED TV 24 inch Rp 1.199.000,-. Dapatkan harga fantastis dan hadiah menarik setiap pembelian LED TV ukuran 24 inch hingga 70 inch. Periode promo november 2019.
  • LG (AC): LG Dual Cool. AC inverter hemat energi yang tahan lama. Dual inverter, 10 tahun garansi, 2 tahun garansi PCB, sertifikasi hemat energi.

Jasa

  • Cuci mobil: Cuci mobil Cuma 15 ribu 15 menit, lengkap! Hemat waktu, hemat uang.
  • Foto Wedding: Wedding sederhana hasil mewah? Mau? Langsung wa kami di 08xxx.
  • Views instagram: Jasa tambah likes, views, followers murah meriah! Harga mulai Rp 1000,-/1000 views. Proses cepat gak pakai lama! Beli cuma 10 likes aja bisa banget! Beli cuma 100 views aja boleh banget!
  • Cuci sepatu: Promo merdeka! Cuci 2 gratis 1! Berlaku 18 – 20 Agustus 2020.

Itulah beberapa tips dan contoh kata-kata promosi yang dapat Anda coba praktekkan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Mungkin Anda punya tips lain atau contoh kata kata promosi yang lebih menarik? Boleh banget share di kolom komentar ya! Semoga sukses! 🙂

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

Leave a Reply