Amalkan Doa Pembuka Pintu Rezeki Berikut, Insyaa Allah Dapat Merubah Hidup Anda
Photo by Aaron Burden on Unsplash

Amalkan Doa Pembuka Pintu Rezeki Berikut, Insyaa Allah Dapat Merubah Hidup Anda

Dalam hidup, sering kali kita merasa putus asa karena sepertinya hal yang telah kita lakukan tak kunjung membuahkan hasil.

Sudah berusaha susah payah sampai keringat habis tapi hasilnya segitu-segitu aja. Kekayaan Anda belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal yang menyebabkan itu dapat terjadi mungkin saja karena kurangnya kita memohon kepada Allah swt. atau kita memang sedang diuji dengan kuasa-Nya.

Atau mungkin juga memang ada beberapa perlakuan kita yang salah sehingga menghambat rezeki yang seharusnya telah kita terima. Siapa yang tahu?

Namun, kalau terus saja berikhtiar/berusaha keras tanpa disertai dengan doa sama sekali, apa gunanya?

Semuanya harus seimbang, usaha+doa. Untuk itu kali ini saya akan beri tahu beberapa doa pembuka pintu rezeki lengkap dengan latin dan arab, serta amalan-amalan yang dapat Anda lakukan untuk membuka 12 pintu rezeki.

Insyaa Allah dengan ikhtiar dan doa ini nanti rezeki Anda akan lebih dimudahkan dan dilancarkan dari segala penjuru.

Beberapa Doa dan Dzikir Pembuka Rezeki

gambar al quran dan tasbih diatasnya, doa pembuka rezeki
Gambar oleh Firas Alkaheel dari Pixabay

Menurut aminama.com, ada beberapa doa yang dapat Anda amalkan untuk memperlancar rezeki Anda sesuai dengan keadaan Anda saat ini.

Doa ketika pagi

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka, ‘ilmannaafi’aa, waqizqan thoyyibaa, wa’amalan mutaqabbalaa

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Bacalah doa berikut ketika pagi hari. Rasulullah saw. membaca doa ini setiap selesai salam ketika solat subuh.

Sebenarnya doa ini sudah sering dan selalu kita baca ketika sholat

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي.

Robbighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii

Artinya: Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku.” (HR. Ahmad 1:371. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa haditsnya hasan).

Doa dari hadist ‘Ali

Ini adalah doa pembuka rezeki dari hadist ‘Ali. Nabi Muhammad saw. pernah mengajarkan doa berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakfinii bi halaalika ‘an haroomik, wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal, dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dzikir yang insyaa Allah dahsyat efeknya

Ini adalah salah satu dzikir yang saya amalkan saat pagi hari. Baca dzikir berikut sebanyak 100 kali ketika fajar, insyaAllah rezeki Anda akan dilancarkan. Tetapi ingat! Tetap niatkan membaca dzikir karena Allah swt.

Bunyinya yaitu:

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim, astaghfirullah. 100x

Suatu ketika datang seorang laki-laki mengeluhkan keadaannya kepada Rasulullah saw.

Ia berkata, “Dunia ini telah berpaling dariku dan yang telah ku peroleh dari tanganku sangatlah sedikit.”

Rasulullah saw bertanya kepadanya, “Apa engkau tidak pernah membaca doanya para Malaikat dan tasbihnya seluruh makhluk yang dengan itu mereka mendapat limpahan rezeki?”

Lelaki itu bertanya, “Doa apakah itu wahai Rasulullah?”

Rasulullah saw. menjawab, “Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim, dan beristighfarlah kepada Allah stw. sebanyak 100x diantara waktu terbitnya fajar hingga menjelang waktu salatmu. Dengan itu dunia akan tunduk dan merangkak mendatangimu, dan Allah swt. menciptakan dari setiap kalimat tersebut Malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat, dan untukmu pahalanya.”

Dzikir Fatimah

Dzikir ini juga insyaAllah dapat mendatangkan rezeki karena wirid ini bisa meringankan dan menghindarkan kita dari lelahnya bekerja. Semakin semangat bekerja, semakin terbuka pula pintu rezeki kita.

Sangat simpel dan mudah untuk diamalkan. Dzikirnya yaitu dengan membaca Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahuakbar 34x sebelum tidur malam. Insyaa Allah tubuh kita akan terasa segar bugar ketika pagi tiba, sehingga semangat untuk mengerjakan segala sesuatunya.

“Maukah kutunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?” tanya beliau. “Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.” lanjut Nabi (HR. Bukhari dan Muslim).

12 pintu rezeki

12 pintu pembuka rezeki, ada pintu putih dengan dua daun pintu yang terbuka lebar dengan lantai kayu
Photo by Philipp Berndt on Unsplash

Tak lengkap rasanya bila kita berdoa agar terbukanya pintu rezeki, tanpa tau apa saja 12 pintu rezeki yang mungkin pada salah satunya lah rezeki itu bisa kita raih.

Untuk itu berikut akan saya jelaskan mengenai 12 pintu rezeki ini, supaya kita lebih paham dan maksimal dalam mencari rezeki.

1. Rezeki yang telah dijamin

Yang pertama adalah rezeki yang telah dijamin. Setiap menusia di bumi ini pasti sudah memiliki rezeki masing-masing yang telah tertulis di lauhul mahfudz.

Rezeki tersebut sudah ada dan ditentukan bahkan sebelun kita dilahirkan. Di dalam quran surat Hud ayat 6 dijelaskan:

“Dan tidak ada satu pun makhluk yang bergerak (bernyawa) melainkan telah dijamin rizkinya oleh Allah swt. dan Dia mengetahui tempat makhluk itu berdiam dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfudz).”

2. Rezeki datang karena usaha

Walaupun setiap orang pasti sudah ditentukan rezekinya di lauhul mahfuz, namun rezeki itu merupakan takdir yang dapat diubah.

Salah satu caranya adalah dengan berusaha disamping berdoa kepada Allah swt. Dalam surat An Najm ayat 39:

“Dan bahwasannya manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.”

Dalam arti ayat di atas disebutkan bahwa manusia tidak akan memperoleh sesuatu kecuali sesuai apa yang diusahakannya.

Ikhtiar ini memang sangat penting dilakukan. Ada 3 hal yang perlu kita pahami dalam mencari rezeki Allah swt.

Yang pertama pastinya ikhtiar/usaha dulu untuk memperoleh hasil sesuai yang kita inginkan, kemudian berdoalah kepada Allah swt. supaya mendapat ridho-Nya, dan yang terakhir adalah bertawakal/berserah diri kepada Allah swt.

Lakukan ketiganya secara urut, insyaa Allah rezeki yang kita dapatkan apapun itu akan menjadi berkah dan sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Rezeki karena bersyukur

Disebutkan dalam firman Allah yang artinya:

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman: ‘Sesungguhnya jika kalian bersyukur niscaya akan aku tambah (nikmat) kepadamu, Tapi jika engkau mengingkari (nikmat-Ku), maka azab-Ku sungguh berat.'” (QS. Ibrahim : 7).

Dari ayat tersebut jelas diterangkan bahwa selain membaca doa pembuka rezeki, kita harus pandai-pandai bersyukur supaya Allah menambah lagi nikmat-Nya.

Sungguh banyak nikmat yang telah Allah swt. beri, tapi terkadang kita tidak merasa bahwa itu adalah suatu rezeki juga yang telah Allah kasih.

Tak melulu soal harta, nikmat sehat, nikmat islam, anggota tubuh yang lengkap, kita masih dapat bangun pagi tadi juga sesungguhnya merupakan nikmat dari Allah swt.

Maka bersyukurlah kalian atas apa yang telah kalian miliki sekarang, semoga dengan itu Allah akan menambahkan lagi nikmat-Nya.

4. Rezeki yang tak terduga

Allah swt. itu asik, suka kasih surprise loh buat kita. Ini ayatnya kalau gak percaya:

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tak diduga-duga.” (QS. At-Thalaq : 2).

Dari sini kita tau bahwa Allah swt. pasti akan memberikan penyelesaian dari setiap masalah yang kita dapat. Selama kita bertaqwa kepada-Nya insyaAllah selalu ada jalan untuk keluar.

Dan Allah juga akan memberi rezeki kepada kita dari arah yang tak disangka-sangka. Tapi kalau kita mau dapat surprise dari Allah, kasih kejutan juga untuk orang lain dong.

Misal kita mau bayar parkir, biasanya kasih cuma 2 ribu kali ini kasih bapak tukang parkirnya 20 ribu tanpa kembalian. Membuat orang lain senang juga dapat membuka pintu rezeki kita.

5. Rezeki karena istighfar

Rasulullah saw. senantiasa beristighfar minimal sebanyak 100 kali setiap harinya. Beliau yang ma’shum saja masih beristighfar kepada Allah swt. apalagi kita yang bahkan tiap detik bisa melakukan dosa baru.

Maka beristighfarlah selalu, minimal 100 kali lah sehari, istighfar yang lengkap “astaghfirullahaladzim, allazi laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyumu waatubu ilaih.”, ini juga merupakan ikhtiar kita supaya murah rezeki.

Karena terkadang ada dosa yang tanpa sadar kita lakukan. Untuk itu kita dianjurkan agar selalu bertaubat kepada-Nya. Dosa juga merupakan salah satu penghambat rezeki loh. Makanya perbanyaklah membaca istighfar, memohon ampun kepada Allah swt.

Seperti yang dijelaskan dalam quran surat Nuh ayat 10 hingga 11

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia yang maha pengampun, niscaya Dia akan memberikan kepadamu hujan yang lebat, dan memperbanyak harta.”

6. Rezeki karena menikah

Mungkin ini merupakan rezeki yang paling diragukan terutama bagi para pemuda jomblo diluar sana. Tapi ketahuilah bahwa ini benar adanya. Ada firman Allah yang disebutkan dalam surat An-Nur ayat 32 yang artinya:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan cukupkan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Jadi tak usah takut bila belum memiliki pekerjaan tetap atau penghasilan yang banyak. Jika sudah merasa siap maka menikahlah niscaya Allah akan membuatmu kaya, karena sesungguhnya istrimu itu membawa rezekinya sendiri.

7. Rezeki karena anak

Ada pepatah mengatakan kalau banyak anak banyak rezeki, dan itu benar adanya. Selayaknya istri yang membawa rezekinya sendiri, anak pun juga demikian.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa setiap orang memiliki rezekinya masing-masing yang telah ditentukan dan tertulis jelas di lauhul mahfudz.

Jadi jangan khawatir untuk memiliki banyak anak, jangan batasi anak Anda hanya karena takut miskin. Dalam surat Al-Isra ayat 31 dijelaskan:

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga rezeki kepadamu. Membunuh mereka sungguh suatu dosa yang besar.”

8. Rezeki dari sedekah

Sudah umum rasanya konsep sedekah ini dikalangan masyarakat jika ingin memiliki banyak rezeki. Tetapi ini memang benar, bahwa rezeki yang kita dapat bukan hanya untuk kita konsumsi sendiri, tetapi ada sebagian hak orang lain di sana.

Dan Allah telah menjanjikan balasan dari yang kita sedekahkan. Sebagaimana ayat dari quran surat Al-Baqarah : 245 yang artinya:

“Siapa yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah, maka Allah akan ganti dengan melipat gandakannya dengan lipatan yang banyak.”

Jadi tak usah ragu lagi untuk meminjamkan harta kita kepada Allah swt. karena janji Allah itu benar, insyaa Allah setelahnya kita akan mendapat ganti berkali lipat lebih banyak.

9. Membuka rezeki dengan bersilaturahmi

Pintu rezeki selanjutnya adalah datang saat kita selalu menjalin silaturahmi. Dengan silaturahmi, kita dapat memperluas koneksi, mengenal lebih banyak orang, membuka banyak kesempatan, dan bahkan dapat memanjangkan umur kita.

10. Pintu rezeki terbuka karena iman dan takwa

Bila kita beriman dan bertaqwa kepada Allah swt. Allah juga tidak akan segan untuk memberikan rizkinya yang berlimpah kepada kita.

Maka, senantiasalah meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah swt. diiringi dengan doa pembuka rezeki supaya dimudahkan dan dicukupkan rezeki kita.

11. Mengorbankan diri, harta, dan waktu untuk agama Allah

Mengorbankan diri untuk keagamaan di sini maksudnya adalah dengan menggunakan hati, tenaga, serta pikiran kita untuk agama Allah. Dengan begitu insya Allah kita akan diberikan rezeki yang cukup dan berkah.

12. Rezeki karena istiqomah membaca surat Al-Waqiah dan sholat Dhuha

Terdapat kandungan yang luar biasa dalam surat Al-Waqiah terhadap rezeki, bacalah surat ini ketika pagi hari seusai sholat subuh setiap hari.

Sholat dhuha juga merupakan salah satu amalan yang dapat mendatangkan dan mencukupkan rezeki yang melakukannya, disertai doa sesudah sholat dhuha.

Itulah beberapa doa pembuka rezeki yang dapat Anda praktekan setiap harinya, supaya rezeki Anda lebih diperlancar dan dipemudah oleh Allah swt.

Serta 12 pintu rezeki yang jika dipraktekan insyaa Allah juga membantu kecukupan rezeki kita. Praktekanlah mulai dari satu demi satu dahulu secara istiqomah, kemudian meningkat setiap waktunya.

Insyaa Allah jika sudah lengkap semua, Anda tidak akan merasa kekurangan. Tentunya tetap disertai dengan doa untuk meminta kelancaran rezeki.

Aku

Seorang remaja pecinta keju yang hobinya otak-atik dan selalu haus akan ilmu. Mencari sumber air yang tepat agar yang diminum berkhasiat dan memberikan manfaat.

This Post Has 2 Comments

  1. Fanny F Nila

    rezeki karena nikah dan anak, itu aku rasaiiiiin banget.. ga kebayang aja selalu dpt hal ga terduga pas hamil dan melahirkan… si pak suami dapet kenaikan posisi sekaligus gaji, padahal waktu itu anak kami divonis alergi dan ga bisa samasekali minum susu sembarangan… hanya 1 jenis susu dan itu harganya mahal banget dijual hanya di apotik tertentu pula. jd ga dijual bebas. Tapi adaaa aja rezeki kami untuk bisa memenuhin susunya mba :)…

    kalo dhuha insyaallah aku udah rutin.. semua aku serahin ke Allah kalo soal rezekinya.. yang penting konsisiten untuk melakukan dhuha ikhlas karena Allah dulu 🙂

    1. Aku

      Masyaa Allah Tabarakallah.. memang janji Allah itu pasti ya. Semoga rezeki mbak sekeluarga terus dilimpahkan sama Allah, aamiin 🙂

Leave a Reply